10 Sekolah di Ambon Terima Sertifikasi ISO

ZonaInfo.id, Ambon – Sebanyak 10 sekolah di Kota Ambon menerima sertifikasi ISO dari PT. Albrasa Internasional Sertifikasi, yang berlangsung di Auditorium Unpatti Ambon, Rabu (10/11/2021).

Direktur PT. Albrasa Internasional Sertifikasi, Jean Muskita Gaspersz mengatakan, proses untuk mengenal The International Organization for Standardization (ISO) sudah dilakukan dari tahun lalu.

“Kita mulai implementasikan 5 bulan terakhir dengan empat tahapan yaitu proses training kemudian ada getanalisis  mendiagnosa, kira-kira sistem yang ada berjalan sampai saat ini, yang mana sekolah itu bisa dikolaborasi dengan ISO,” jelasnya.

Ia merincikan, 10 sekolah yang mendapatkan Sertifikat ISO 9001:2015 dan ISO 21001:2018 antara lain; Sekolah Dasar Negeri (SDN) 11 Ambon, SD Xaverius AI, SD Latihan 1, SD Kalam Kudus, SD Lentera Ambon, SMPN 6 Ambon, SMPN 4 Ambon, SMPN 14 Ambon, SMP Lentera Ambon, SMP Kalam Kudus Ambon.

“10 sekolah ini terbaik dan terpilih karena sudah diberikan kesempatan untuk menerima sistem yang baru. Untuk ini ada 3 sekolah terbaik yaitu SD Kalam Kudus Ambon, SMP 6 Ambon, SDN 11 Latihan,” ucapnya.

Menurutnya, ISO ini untuk membuat sekolah itu lebih baik karena ada Akreditasi Nasional dengan level tinggi.

“Mudah-mudahan sekolah yang lain lebih mampu lagi seiring dengan komitmen dari Wali Kota Ambon dengan bentuk kerja sama,” harapnya.

Ia menambahkan, dengan ISO sekolah lebih disiplin karena terikat dengan SOP, seperti lulusan sekolah ini mereka tidak boleh dibiarkan begitu saja, tapi sampai mereka lulus masuk ke SD sampai SMA tetap harus dipantau.

“Jadi, kita akan tetap melakukan pengawasan sampai tahun depan, sehingga sekolah tersebut bisa komitmen, dan kalau tidak maka sertifikatnya bisa dicabut,” tandas Jean.

Sementara itu, Wali Kota Ambon Richard Louhenapessy mengatakan, satuan pendidikan yang memiliki ISO bukanlah sebuah hal yang mudah, tetapi telah memenuhi sebuah proses pembinaan dan penilaian internal maupun eksternal.

“Proses ini menguras banyak waktu, tenaga, pikiran, dan perasaan dari semua pihak terkait pelaksanaannya termasuk biaya,” katanya.

Lanjutnya, ISO 9001:2015 tidak hanya berproses pada hasil yang dicapai, tetapi yang penting adalah proses dari berbagai hal yang perlu diperhatikan.

“Dengan memperoleh sertifikat ISO 9001:2015 berarti proses dalam satuan pendidikan telah dicapai dengan suatu sistem uraian kerja dengan standar internasional dan prosedur serta memastikan keefektifan berjalan dengan baik,” aparnya.

Ia menambahkan, ISO 21001:2018 adalah standar sertifikasi internasional pertama di dunia untuk organisasi pendidikan.

“Standar ini memberikan bantuan kontan dan berkualitas dalam dunia pendidikan dengan tingkat layanan yang lebih baik,” tandasnya. (ZI-17)

%d blogger menyukai ini: