Ragam

Berinovasi Saat Pandemi Covid-19, MNC Beri Penghargaan Kepada Wali Kota Ambon

ZonaInfo.id, Jakarta – MNC Portal Media memberikan penghargaan Kepala Daerah Inovatif (KDI) 2021, kategori pelayanan publik terbaik ditengah pandemi Covid-19 kepada Wali Kota Ambon, Richard Louhenapessy, di Gedung MNC Conference Hall, INews Tower, Jalan Wahid Hasim, Jakarta, Jumat (5/11/2021).

Dalam penganugerahan penghargaan tersebut, Wakil Walikota Ambon, Syarif Hadler terlihat mewakili Wali Kota Richard Louhenapessy.

Wali Kota Ambon berhasil mendapatkan penghargaan KDI kategori pelayanan publik, lantaran program Command Center  dianggap sukses untuk menjawab permasalahan publik di Kota Ambon.

Sementara itu, sejumlah pejabat negara seperti Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Indonesia, Teten Masduki, dan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, dan beberapa lainnya terlihat hadir dalam penyerahan penghargaan tersebut.

Untuk diketahui, penghargaan KDI adalah bentuk apresiasi MNC Portal Indonesia, terhadap Pemerintah Provinsi, Kota/Kabupaten, karena di masa pandemi Covid-19, kepala daerah dituntut melakukan inovasi dalam penanggulangan pandemi di daerah masing- masing.

Penghargaan KDI 2021 ini, diberikan MNC Portal Indonesia yang merupakan bagian dari MNC Group, kepada tiga Gubernur, dan 13 Bupati serta Wali Kota di Indonesia.

Tiga Gubernur dimaksud adalah, Gubernur Jawa Barat, Gubernur Kalimantan Tengah, Gubernur Jawa Timur. Sementara 13 Bupati/Wali Kota itu yakni Bupati Aceh Besar, Buton Selatan, Bupati Tulang Bawang, Tapanuli Utara, Bupati Pasuruan.

Kemudian Bupati Tanah Laut, Bupati Tulang Bawang, Bupati Pasuruan, Wali Kota Ambon, Wali Kota Palangkaraya, Wali Kota Solok, Wali Kota Mojokerto, Wali Kota Semarang, Bupati Tanah Laut, dan Wali Kota Pare-pare.

Ada empat kategori, yang masuk dalam penilaian penghargaan KDI 2021, yaitu Ekonomi, Kesehatan, Pelayanan Publik, dan Pendidikan. Wali Kota Ambon berhasil mendapatkan Award Kategori Pelayanan Publik.

Executive Chairman MNC Group, Hary Tanoesoedibjo, dalam sambutannya mengatakan, penghargaan itu diberikan sebagai bentuk apresiasi berbagai keberhasilan para kepala daerah, karena terus berinovasi ditengah situasi pandemi Covid-19.

“Selamat kepada para kepala daerah, karena ini suatu hal yang sangat luar biasa, sebab ditengah pandemi masih bisa berinovasi dalam mensejahterakan masyarakat,” Katanya.

Dirinya berharap, dengan adanya penghargaan tersebut bisa menjadi motivasi bagi kepala daerah lain di Indonesia, untuk bisa berinovasi mewujudkan kesejahteraan masyarakat.

“Ini juga sebagai upaya untuk memotivasi kepala daerah lain di Indonesia. Karena kalau kepala daerah bisa lebih berinovasi, otomatis daerah dan negara akan berkembang dan maju,” tandasnya.

Ditempat yang sama, Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Indonesia, Teten Masduki mengatakan, kepala daerah diharapkan bisa memberikan ruang seluas-luasnya kepada pelaku UMKM untuk berkembang.

“UMKM harus diberi ruang, untuk berkembang demi meningkatkan sektor ekonomi. Bahkan pelaku UMKM harus juga didorong agar terhubung dengan ekosistem digital,” jelas dia.

Dirinya juga memberikan apresiasi kepada MNC Group, lantaran sudah berinisiatif menggelar penganugerahan penghargaan bagi kepala daerah, yang terus berinovasi meningkatkan ekonomi warga, pelayanan masyarakat, mutu pendidikan dan kesehatan. (ZI-17)