Hetharia: Terpilih Memimpin UKIM Bukan Hanya Kepercayaan, Tapi Juga Tantangan

ZonaInfo.id, Ambon – Rektor Universitas Kristen Indonesia Maluku (UKIM) periode 2021-2025 terpilih, Henky Herzon Hetharia mengungkapkan, terpilihnya dirinya untuk memimpin UKIM, bukan hanya soal kepercayaan, tetapi juga menjadi tantangan.

Hetharia akan memaksimalkan semua potensi untuk bergerak bersama mengembangkan UKIM kedepan.

“Dari hasil hari ini saya sendiri melihat ini bukan saja sebuah kepercayaan, tetapi juga sebuah tantangan untuk mengembangkan UKIM di periode berikut, ketika perguruan tinggi sedang menghadapi persoalan tantangan termasuk Covid-19 tetapi juga peningkatan kualitas-kualitas perguruan tinggi. Nah, ini tantangan bagi saya sebagai rektor terpilih,” kata Hetharia kepada wartawan, usai penetapannya sebagai Rektor UKIM terpilih yang berlangsung di aula Kampus UKIM, Senin (4/10/2021).

Hetharia mengungkapkan, dirinya terpilih menjadi rektor karena kehendak Tuhan.

“Saya terpilih karena Tuhan berkehendak. Saya dipercayakan oleh senat dan Yayasan Perguruan Tinggi (Yaperti) GPM ini karena kehendak Tuhan,” ujarnya.

Hetharia menilais, calon-calon rektor lainnya juga memiliki kualitas. Namun kali ini dirinya yang diberikan kepercayaan untuk memimpin UKIM.

“Kita bersyukur bahwa calon-calon rektor yang tadi itu, sesungguhnya semuanya memiliki kualitas hanya kali ini mungkin mempercayakan kepada saya, tetapi sesungguhnya semua mempunyai kualitas, bahkan UKIM ini memiliki sumber daya yang Tuhan sudah anugerahkan,” tandasnya.

Lanjut Hetharia, dengan kepercayaan yang diberikan untuk menakhodai UKIM maka dirinya akan memaksimalkan seluruh potensi yang ada untuk bergerak bersama.

“Ini bukan kemenangan saya pribadi, ini kemenangan UKIM, kemenangan bersama dan karena itu seluruh potensi UKIM ini harus digerakkan bersama di tengah-tengah tantangan baik situasi pandemi ini, baik tantangan untuk memajukan perguruan tinggi sebagai sebuah perguruan tinggi yang berkualitas,” katanya.

Dikatakan, UKIM sudah dikenal sebagai Kampus Orang Basudara. Dalam konsep ini, walaupun UKIM merupakan universitas Kristen yang didirikan oleh GPM, tetapi misi untuk mencerdaskan bangsa dijalankan sebagaimana amanat UUD 1945.

“Ini misi yang juga dikembangkan oleh UKIM. Kita tidak hanya mencerdaskan orang Kristen, kita mencerdaskan seluruh orang Indonesia, agama apapun yang masuk, baik sebagai dosen dalam hal mengajar, ataupun mahasiswa yang berkuliah. Di kampus kita ini beragam etnis tetapi juga agama,” katanya.

Hetharia Terpilih

Seperti diberitakan, Henky Herzon Hetharia terpilih sebagai Rektor UKIM periode 2021-2025 dalam rapat Senat Terbuka UKIM, Senin (4/10/2021).

Rapat senat terbuka berlangsung di Aula Kampus UKIM, yang dipimpin Ketua Senat Yafet Damamain, didampingi Sekretaris Senat, Robby Tutuhatunewa.

Hetharia yang saat ini menjabat Dekan Fakultas Teologia berhasil memperoleh 27 suara atau 58 persen suara, dari total 48 suara sah. Sementara satu suara rusak atau tidak sah.

Sedangkan dua kandidat lainnya, Melkhianus Hendrik Pentury berada di posisi kedua dengan meraih 13 suara atau 27 persen suara, dan Simon Pieter Soegijono  memperoleh 7 suara atau 15 persen suara.

Dari jumlah 34 anggota senat, tercatat yang hadir menggunakan hak pilih hanya 31 orang. Sedangkan 3 orang tidak hadir.

Sementara Yayasan Perguruan Tinggi (Yaperti) GPM yang memiliki hak 35 persen suara atau 18 suara, diwakili oleh Nancy Gaspersz saat pemilihan. Proses pemilihan berlangsung lancar dan dalam suasana kebersamaan. (ZI-10)

%d blogger menyukai ini: