Apresiasi Penanganan Covid-19 di Maluku, Menko Airlangga Ingatkan Tetap Waspada

ZonaInfo.id, Ambon – Gubernur Maluku, Murad Ismail mendampingi Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian,  Airlangga Hartarto meninjau pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 yang dipusatkan di Tribun Lapangan Merdeka, Kota Ambon, Senin (4/10/2021).

Airlangga memberikan apresiasi atas penanganan Covid-19 di Provinsi Maluku yang dinilai baik. Namun begitu, Airlangga mengingatkan pemerintah dan masyarakat tidak berpuas diri, harus tetap waspada.

Selain Gubernur, Menko Airlangga juga didampingi para Deputi di jajaran Kemenko, Forkopimda Maluku dan Walikota Ambon, Richard Louhenapessy.

Setibanya di Kota Ambon, Menko yang datang bersama rombongan saat itu, langsung meninjau proses vaksinasi, yang digelar Dinas Kesehatan Kota Ambon. Menko terlihat sempat menyapa masyarakat yang ikut divaksinasi.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Ambon, Wendy Pelupessy, di hadapan Menko Airlangga saat menyampaikan perkembangan kasus Covid-19 dan vaksinasi di Kota Ambon menjelaskan, total kasus konfirmasi Covid-19 di Kota Ambon sebanyak 8.862, total kasus sembuh 8.668, sementara dirawat 30 orang, total kasus meninggal 164 orang, tingkat kematian Kota Ambon 1,9%, angka kesembuhan 97,8%, kasus aktif 0,3%, (Bed Occupancy Rate (BOR) atau keterisian tempat tidur 0,94% dan positive rate 0,28%.

“Sehingga saat ini, kita (Kota Ambon) berada di Zona Kuning dengan skor 2,72 dan kita berada pada level 2 Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM),” papar Pelupessy.

Sedangkan untuk target sasaran vaksinasi, Dinkes Kota Ambon menargetkan sebanyak 274.194 jiwa, dengan capaian total dosis yang disuntik sebanyak 307.166.

Terkait pelaksanaan vaksinasi yang diselenggarakan di lokasi Tribun Lapangan Merdeka, kata Pelupessy, telah berlangsung dari tanggal 22 September dan akan berakhir pada 14 Oktober 2021 mendatang.

“Dari data yang kita peroleh, yang sudah tervaksinasi sampai dengan hari kemarin sebanyak 1.997 orang, selama 8 hari pelaksanaan,” jelas Pelupessy.

Sementara itu, Menko Airlangga Hartarto saat menyampaikan arahan, memberikan apresiasi terhadap perkembangan penanganan Covid 19 di Provinsi Maluku termasuk yang sedang ditangani Dinas Kesehatan Kota Ambon.

“Provinsi Maluku dan Kota Ambon saat ini memang telah berada di level dua. Kita ucapkan terima kasih dan apresiasi terhadap capaian yang luar biasa ini. Memang arahan bapak Presiden Jokowi, di bulan November harapannya seluruh provinsi berada di level II. Alhamdulillah Maluku dan Kota Ambon sudah mencapai itu, sehingga tinggal mempertahankan. Dengan demikian, tahapan berikutnya adalah mengembalikan kegiatan ekonomi dengan menerapkan Protokol Kesehatan,” ungkap Menko.

Dikatakan, capaian penanganan kasus Covid 19 di Provinsi Maluku dan Kota Ambon, perlu didorong, sehingga bisa sejalan dengan target pemerintah untuk menurunkan kasus secara nasional.

“Capaian yang baik ini, harus kita dorong, dimana kasus secara nasional sudah mencapai 0,62 persen. Capaian ini tentunya sudah sejalan juga dengan yang ada di Provinsi Maluku dan Kota Ambon,” ujarnya.

Namun demikian, Menko mengingatkan, capaian tersebut, tidak lantas membuat pemerintah dan masyarakat berpuas diri. Mengingat, di bulan Juli pernah terjadi kenaikan 570.000 ribu kasus kumulatif dan kasus aktif di atas 50 ribu.

“Kita harus tetap waspada. Alhamdulillah, sekarang secara nasional sudah dibawah 5 ribu,” kata Menko.

Menko menginginkan agar operasional di seluruh rumah sakit tetap berjalan normal selama pandemi belum berakhir.

“Tadi dilaporkan beberapa rumah sakit untuk penanganan Covid-19 ada yang ditutup. Saya harap tidak boleh ditutup, karena kita masih pandemi. Bahkan, seluruh dunia pun masih mengalami pandemi sehingga kita harus tetap siap,” tandas Menko

Di kesempatan yang sama, Menko juga menyerahkan bantuan paket sembako kepada 100 tenaga kesehatan yang menangani vaksinasi, 100 paket sembako bagi peserta vaksinasi dan bantuan CSR dana pendidikan sebesar 100 juta rupiah. (ZI-10)

%d blogger menyukai ini: