Ambon Rawan Gempa, Disdik Gencarkan Edukasi Mitigasi Bencana di Sekolah

ZonaInfo.id, Ambon – Guna memberikan kenyamanan dalam pentahapan Belajar Tatap Muka, Dinas Pendidikan Kota Ambon menggencarkan edukasi mitigasi di seluruh sekolah di Kota Ambon.

Langkah ini dilakukan, karena Kota Ambon masuk dalam zona merah rawan gempa bumi.

“Edukasi mitigasi bencana tetap berjalan sesuai mekanisme Dinas Pendidikan Kota Ambon, mereka tidak boleh lemah terhadap bencana alam ini,” kata Plt Kepala Dinas Pendidikan Kota Ambon, Jhon Sanders kepada  pers di Ambon, Rabu (29/9/2021).

Ia mengakui, edukasi mitigasi saat ini dilakukan di SD 32 Tantui dan SD Passo. Dua sekolah ini menjadi prioritas karena masuk daerah rawan bencana gempa.

“Implementasi terhadap sekolah kesiapan bencana terus berjalan dari waktu ke waktu. Karena hal yang harus dilakukan pencegahan sedini mungkin adalah gempa tektonik. Kita tidak tahu kejadian alam ini, kalau dia terjadi pas jam sekolah maka kita akan kesulitan besar, dan terjadi korban begitu banyak kalau anak-anak kita tidak dilatih untuk berada dalam musiba gempa,” ujar Sanders.

Dilanjutkan, beberapa sekolah  sudah melakukan mitigasi. Bagaimana guru dan siswa evakuasi diri ke tempat yang aman.

“Jadi bagaimana guru dan siswa siaga bencana, lalu tempat evakuasinya di mana, lokasi evakuasi dari kelas-kelas ke halaman sekolah ke tempat yang aman itu sudah diatur, ini sangat penting sekali,” bebernya. (ZI-17)

%d blogger menyukai ini: