Wakil Bupati Buru Selatan: Pencegahan dan Penanganan Stunting Harus Sinergis

ZonaInfo.id, Namrole – Wakil Bupati Buru Selatan, Gerson Elieser Selsily mengatakan, pencegahan dan penanganan kasus stunting harus dilakukan secara sinergis antara sektor kesehatan agar tercipta generasi cerdas dan berprestasi di bumi Lolik Lalen Fedak Fena.

Selsily menyampaikan itu pada sambutannya sekaligus membuka kegiatan Diseminasi Audit Kasus Stunting Kabupaten Buru Selatan Tahun 2022.

Kegiatan yang dilaksanakan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Buru Selatan ini berlangsung di Penginapan Denis Namrole, Selasa (22/11/2022).

Hadir dalam kegiatan tersebut Asisten I Ahmad Sahubawa, Kadis Kesehatan (Plt) Wa Jeny, para narasumber dari Tim Pakar, Dokter Ahli, OPD terkait, para camat, kepala Puskesmas, serta kepala desa lokus stunting.

Selsily mengatakan, persoalan stunting telah menjadi agenda pembangunan nasional. Stunting tidak hanya menyerang fisik tetapi juga menghambat perkembangan otak.

Oleh sebab itu, kata Selsily intervensi terhadap pencegahan dan penanganan kasus stunting harus dilakukan secara sinergis antara sektor kesehatan.

“Saya mengingatkan kepada OPD terkait serta tim percepatan penurunan stunting bahwa dalam pencegahan stunting ada beberapa hal yang perlu diperhatikan,” ujarnya.

Selsily menyebutkan, hal pertama yaitu komitmen, berikutnya kampanye dan komunikasi perubahan perilaku, koordinasi dan konsolidasi program pusat, ketahanan pangan dan gizi serta pemantauan dan evaluasi

“Diharapkan kelima poin tersebut dapat dilaksanakan dengan baik, maka bisa dipastikan tidak akan mengalami kasus stunting di negeri ini,” jelas Selsily.

Selsily berharap hasil deseminasi ditindaklanjuti melalui aksi nyata dalam program  serta dilaksanakan sesuai tupoksi dan kewenangan untuk rencana tindak lanjut di tahun 2022 maupun tahun 2023. (ZI-11)

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: