Peringati Hari Pahlawan Pertamina Wayame Donor Darah

ZonaInfo.id, Ambon – Memperingati Hari Pahlawan Integrated Terminal Wayame, PT Pertamina Patra Niaga Subholding C&T Region Papua Maluku menggelar donor darah.

Kegiatan diikuti TNI/Polri, karyawan Integrated Terminal Wayame serta masyarakat sekitar.

“Di masa kini menjadi seorang pahlawan tidak harus terjun ke medan tempur, namun mendonorkan darah bagi sesama juga dapat dikatakan sebagai seorang pahlawan,” kata Integrated Terminal Manager Wayame, Mourits Wungubelen, di sela-sela aksi donor darah, Kamis (10/11/2022).

Melalui donor darah, kata Mourits menjadi simbiosis mutualisme antara pendonor dengan penerima donor.

“Setiap tetes darah yang kita sumbangkan tidak hanya dapat memberikan kesempatan hidup bagi yang menerima tetapi juga memberikan manfaat kesehatan bagi pendonornya,” jelasnya.

Dirinya berharap kantong darah ini akan dimanfaatkan oleh PMI untuk membantu orang yang membutuhkan.

Sementara itu Brian Patty, Dokter dari Integrated Terminal Wayame, PT Pertamina Patra Niaga Subholding C&T Region Papua Maluku mengatakan sebanyak 86 kantong dari para pendonor akan diserahkan kepada PMI.

“Sebelum darah didonorkan, pendonor wajib ditensi dulu dan peserta donor harus fit. Selain itu untuk berat badan minimal 45 Kg, untuk di bawah 45 Kg harus ditunda dulu,” jelasnya.

Ia menambahkan aksi donor merupakan program rutin dari pihak Pertamina. Namun sempat redup akibat 2 tahun Ambon dilanda Covid-19.

Salah satu peserta donor, Kristantyo mengaku donor darah bagus bagi kesehatan.

“Saya sudah 11 kali melakukan donor darah. Alhamdulillah saya belum pernah merasakan sakit,” ujarnya. (ZI-10)

%d blogger menyukai ini: