20 Sekolah di Ambon Terima Sertifikat ISO

ZonaInfo.id, Ambon – Sebanyak 20 sekolah di Kota Ambon menerima sertifikat dari Internasional Standardization Organization (ISO) yakni SMM ISO 9001:2015 dan SMOP 21001:2018.

Penjabat Wali Kota Ambon, Bodewin M. Wattimena menyerahkan Sertifikat ISO kepada 20 sekolah tersebut, Rabu (9/11/2022) di Hotel Marina.

Sekolah penerima Sertifikat ISO yaitu SMP Katolik Ambon, SMPN 19 Ambon, SD Inpres 23 Ambon termasuk sekolah piloting atau percontohan.

Kemudian SDN 76 Wayame, SD Inpres 51 Ambon, SD Inpres 52 Lawena, SDN 1 Passo, SMPN 8 Ambon, SMPN 10 Ambon dan SMPN 2 Ambon.

Selanjutnya SD Kristen Kalam Kudus, SDN 11 Ambon, SD Lentera Ambon, SD Latihan 1 SPG, SD Xaverius A1, SMPN 6 Ambon, SMPN 14 Ambon, SMPN 4 Ambon, SMP Kristen Kalam Kudus dan SMP Lentera Ambon masuk dalam kategori sekolah Surveilance.

“Sertifikat bukan tujuan akhir tetapi merupakan level akreditasi lembaga satuan pendidikan dan harus diwujudkan mulai dari input proses dan output yang berkualitas,” kata Penjabat Wali Kota dalam sambutannya.

Wattimena mengatakan untuk mendapatkan Sertifikat ISO bukanlah hal yang mudah. Namun telah melalui kerja keras dan melewati proses pembinaan penilaian atau audit internal maupun eksternal.

Proses tersebut pastinya menguras banyak waktu tenaga pikiran dan perasaan dari semua pihak terkait.

“Saya yakin sungguh bawa lewat proses bimbingan yang dilakukan oleh auditor dan tenaga ahli yang mendampingi bapak/ibu kepala sekolah serta guru dalam proses untuk memenuhi tuntutan standar dalam sistem manajemen mutu pelayanan pendidikan diperlukan perhatian yang sungguh semangat kebersamaan dan loyalitas,” ujarnya.

Karena itu,  Wattimena berharap isu tidak hanya berfokus pada hasil yang diinginkan tetapi proses menjadi hal yang perlu diperhatikan.

“Dengan memperoleh Sertifikat ISO berarti upaya memberikan pelayanan pendidikan bermutu menjadi semangat kita bersama untuk memajukan dunia pendidikan di Kota Ambon tercinta,” tandasnya.

Kepala SD Inpres 51 Ambon, Carolina Usmany menyampaikan rasa syukur kepada Tuhan karena sekolah yang dipimpinnya mendapatkan Sertifikat ISO.

“Kurang lebih 9 bulan kita bekerja di sekolah, dalam kerja keras yang dilakukan banyak tantangan yang dihadapi namun syukur banyak kepada Tuhan atas penyertan Tuhan hari ini bisa menerima Sertifikat ISO,” ungkap Usmany.

Usmany berharap dengan adanya Sertifikasi ISO dapat memotivasi para guru dan siswa untuk selalu melaksanakan tugas-tugas sesuai dengan sistem yang sudah dibangun di sekolah.

“Semua harus saling mendukung untuk melakukan tugas sesuai dengan sistem yang sudah dibangun di sekolah dengan begitu dapat meningkatkan pelayanan pendidikan yang berkualitas,” tandasnya.

Kepala SD Negeri 1 Passo, Jozeph Soleman Kapitan berharap Sertifikat ISO dapat meningkatkan mutu pembelajaran.

Menurutnya apa yang didapatkan merupakan prestasi yang membanggakan yang harus dipertahankan bahkan harus terus ditingkatkan.

“Dengan diterimanya Sertifikat ISO dapat pula meningkatkan mutu pelayanan pendidikan di SD Negeri 1 Passo lebih baik lagi,” tandasnya. (ZI-10)

%d blogger menyukai ini: