Uluputty Bantu Masyarakat Kelurahan Letwaru Bangun Jalan Tani

ZonaInfo.id, Masohi – Anggota DPR-RI Fraksi PKS dapil Maluku, Saadiah Uluputty membantu masyarakat di Kelurahan Letwaru, Kecamatan Kota Masohi, Kabupaten Maluku Tengah membangun jalan tani.

Jalan tani sepanjang 250 meter itu menghabiskan anggaran Rp. 100 juta yang bersumber dari dana reses anggota DPR-RI tahun 2022, yang dikerjakan oleh kelompok tani Puncak Sejahtera.

Kepada media ini, Rabu (26/10/2022) Saadiah Uluputty mengatakan jalan tani sangat bermanfaat dan dapat membantu masyarakat yang hidupnya melalui bercocok tanam di lahan-lahan perkebunan.

“Jalan tani sangat bermanfaat bagi masyarakat. Kalau ada jalan tani yang dibuat oleh masyarakat itu akan membantu mempermudah aktivitas masyarakat saat ke lahan pertanian mereka ataupun saat memanen mereka tidak lagi kesulitan dalam mengangkut hasil pertanian,” ujarnya.

“Saya kira kalau masyarakat sudah memiliki jalan tani maka mereka bisa memanfaatkan jalan tersebut untuk kepentingan aktivitas pertanian mereka,” sambungnya.

Ia mengakui anggaran Rp. 100 juta untuk membangun satu jalan tani di Kelurahan Letwaru masih sangat kecil. Tergantung dari anggaran dana reses yang ada, karena bukan saja kelompok Tani Sejahtera, tetapi masih banyak lagi kelompok tani yang ada di Provinsi Maluku yang harus dibantu.

“Jadi kita harus sesuaikan dengan kebutuhan para petani yang ada,” ucap politikus PKS ini.

Uluputty menjelaskan anggaran jalan tani di suatu daerah dengan daerah lainnya berbeda. Disesuaikan dengan harga material di suatu daerah.

Lanjutnya, ketidaksesuaian ini akan disampaikan kepada kementerian agar ada upaya penyesuaian harga satuan dalam pembangunan jalan tani.

“Kita jangan lalu samakan harga di daerah Maluku termasuk di Kabupaten Maluku Tengah dengan harga di pulau Jawa, karena setiap daerah memiliki standar harga yang berbeda. Kebutuhan jalan tani untuk daerah perkebunan dengan topografi perbukitan tidak sama dengan areal rendah atau yang disebut areal persawahan,” ujarnya.

Menurutnya, Maluku membutuhkan infrastruktur jalan tani dan jalan produksi ke lahan-lahan kebun yang cukup banyak.

“Ini merupakan aspirasi utama masyarakat yang saya terima dari para petani adalah masalah jalan tani. Olehnya itu selain melalui dana aspirasi yang digunakan, maka permasalahan ini juga akan kita sampaikan kepada pemerintah pusat maupun pemerintah daerah,” tandas Uluputty.

Sebagai penyambung aspirasi masyarakat Maluku di parlemen, Uluputty berharap agar konsep pengembangan kawasan perkebunan di tata secara terpadu dan komprehensif untuk membangkitkan sektor perkebunan dan meningkatkan produktifitas komoditi perkebunan di wilayah Maluku termasuk di Kabupaten Maluku Tengah. (ZI-20)

%d blogger menyukai ini: