Kemenag Malteng Dukung Program Sapa Umat Penjabat Bupati

ZonaInfo.id, Masohi- Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Maluku Tengah (Malteng) siap mendukung Program Sapa Umat penjabat Bupati, Muhamat Marasabessy.

Hal ini disampaikan Kepala Kemenag Malteng, Taslim Tuasikal, di sela-sela kunjungan kerja penjabat Bupati ke Kantor Kemenag Kabupaten Malteng, Selasa (18/10/2022).

Tuasikal mengatakan kunjungan kerja penjabat Bupati merupakan momen istimewa mengingat dalam kurun waktu 10 tahun tidak ada pimpinan daerah yang menyambangi Kantor Kemenag Malteng untuk membicarakan hal-hal terkait kemaslahatan umat beragama maupun penyelarasan program.

“Ada sejumlah kegiatan yang akan dicanangkan penjabat Bupati dan siap dikolaborasikan. Kegiatan itu berupa Program Sapa Umat dan berbagai program lainnya yang merupakan kegiatan terkait pembinaan umat, peningkatan iman dan takwa,” jelasnya kepada wartawan.

Tuasikal mengatakan Kemenag Malteng siap mendukung dan melaksanakan semua program Pemda yang berkaitan dengan keagamaan maupun yang identik dengan kemanusiaan.

“Kami juga sudah menawarkan beberapa program inti kepada penjabat Bupati. Program berupa gerakan lima menit membaca kitab suci atau dengan kata lain gema Kitab Suci yang sudah dibuat konsepnya,” ungkapnya.

Program ini, kata Tuasikal akan dimulai dari pimpinan OPD dan pegawai membaca kitab suci baik Alquran maupun Alkitab sebelum memulai aktivitas di setiap pagi saat masuk kantor maupun siang sebelum pulang kantor.

“Itu program utama kami yang ditawarkan guna meningkatkan iman dan takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa sehingga sebagai manusia ciptaanNYA harus bisa memahami dan memaknai kebesaran Tuhan dalam setiap kehidupan,” ujar Tuasikal

Lanjut Tuasikal, gerakan modernisasi umat beragama di Malteng antara Kemenag dengan Pemda Malteng akan dilaksanakan karena ini semua terkait dengan kemasyalahatan umat beragama.

Ia menambahkan, program Sapa Umat penjabat Bupati akan dilaksanakan bersama Kemenag.

“Setiap Jumat kami akan melakukan sholat setelah itu melakukan pembinaan umat dan juga pembersihan lingkungan masjid. Begitu pula di hari Minggu kami juga mengunjungi gereja-gereja dan melakukan pembinaan umat serta pembersihan lingkungan gereja,” jelasnya.

Tuasikal optimis kalau hal ini dilakukan secara baik maka kerukunan hidup beragama di daerah Malteng akan tercapai dan pastinya Malteng akan maju dan bersaing dengan daerah lain di Indonesia. (ZI-20)

%d blogger menyukai ini: