Badan Kesbangpol Bentuk Tim IBM Wujudkan Kota Ambon Bersinar

ZonaInfo.id, Ambon – Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) menggelar sosialisasi sekaligus pembentukkan Tim Intervensi Berbasis Masyarkat (IBM).

Sosialiasi dan pembentukan Tim IBM berlangsung di, Marina Hotel, Senin (17/10/22). Hal ini untuk memujudkan Kota Ambon yang bersih dari narkotika (Bersinar).

“Untuk mewujudkan Kota Ambon yang bersih dari Narkotik, sebagai upaya meningkatkan ketahanan masyarakat terhadap penyalahgunaan Narkotika, maka diperlukan sosialisasi serta pembentukkan Tim IBM ini di masyarakat,” kata Staf Ahli Bidang Politik, Hukum Aparatur, Pemkot Ambon, Mintje Tupamahu, saat membaca sambutan Penjabat Wali Kota, Bodewin M. Wattimena.

Dirinya mengungkapkan pelaksanaan kegiatan ini juga sebagai salah satu upaya guna mewujudkan Instruksi Presiden Nomo 2 Tahun 2020, Tentang Rencana Aksi Nasional Pencaganan Pemberantasan Pengedaran dan Penyalahgunaan Gelap Narkotika dan Presekusor Narkotika Tahun 2020-2024.

“Sebagai salah satu strategi mewujudkan Indonesia bersinar, khususnya Ambon yang Bersinar, dengan menjadikan, Kelurahan, Desa/Negeri sebagai garda terdepan,” jelasnya.

Oleh seba itu, dirinya meminta kepada para tokoh agama, tokoh masyarakat dan tokoh pemuda yang menghadiri kegaitana dimaksud untuk bersinergi dengan pemerintah dan Badan Narkotika nasional (BNN), Provinsi Maluku, guna mewujudkan Kota Ambon yang Bersinar.

“Saya mengajak kita semua yang hadir saat ini mari kita bangun kebersamaan dalam sinergitas supaya memberikan dukungan bagi Kelurahan, Desa/Negeri dalam pencegahan penyalahgunaan dan peradaran narkotika TIM IBM yang akan menjadi agen-agen pembantu pemerintah dalam mengurangi penyalahgunaan narkotika,” tandasnya.

Ditempat yang sama, Kepala Badan Kesbangpol, Yan Suitela, yang ditemui tim media center mengungkapkan tujuan pelaksaan ini merupakan pembentukan Tim IBM, guna menekan penggunaan narkotika di masyarakat, terlebih khusus pada kalangan anak-anak muda di kota ini.

“Tujuan kegiatan sebenarnya berujung pada pembentukkan IBM agar proses antisipasi dapat dilakukan dari tingkat bawah yakni Kelurahan Desa/Negeri. Sebab Kota Ambon ini sudah termasuk kota yang rawan narkoba dengan menempati zona merah,” jelasnya.

Kata dia, Penetapan Negeri Batu Merah sebagai Desa Bersinar di oleh BNN Provinsi Maluku pada Kamis (13/10/22), merupakan langkah awal pencegahan terjadinya kenaikan jumlah pemakai dan pengedar di kota. Sehingga hari ini, Kesbangpol laksanakan pembentukan agar upaya penekanan dapat maksimal dilaksanakan.

“Sebenarnya itu, langkah awal atau cikal bakal agar kedepannya kita dorong semua Kelurahan, Desa/Negeri Mendapat predikat Desa Bersinar. Selain itu juga IBM ini bermanfaat, ada rekomendasi untuk diberikan pendampingan dan rehabilitasi kepada warga yang merupakan pecandu narkoba,” pungkasnya.

Untuk diketahui, kegiatan ini dihadiri oleh 130 peserta yakni Raja, Lurah, Kades Raja/Kepala Pemerintahan Negeri, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, dan Tokoh Pemuda. (ZI-10)

%d blogger menyukai ini: