Lintas Daerah

Indey Pimpin Upacara HUT ke-23 Kepulauan Tanimbar Pakai Bahasa Yamdena

ZonaInfo.id, Saumlaki – Penjabat Bupati Daniel Edward Indey memimpin upacara HUT ke-23 Kabupaten Kepulauan Tanimbar.

Upacara berlangsung di Lapangan Mandriak, Desa Sifnana Omele, Kecamatan Tanimbar Selatan, Selasa (4/10/2022) dengan menggunakan bahasa tradisional Yamdena.

Menariknya, meski terlahir bukan berdarah Tanimbar asli, Indey mampu memimpin upacara dimaksud dengan menggunakan salah satu dari lima bahasa tradisional di Tanimbar itu dengan lugas dan lantang. Ia diucapkan pada sesi-sesi tertentu dengan fasih.

Untuk diketahui, lima bahasa yang digunakan oleh masyarakat Tanimbar, yakni bahasa Fordata, Selaru, Yamdena, Makatian, dan bahasa Selwasa.

Meskipun dalam cuaca panas terik, para peserta yang memakai busana Adat Tanimbar lengkap dengan Burung Cendrawasih di kepala, baik pria dan wanita, tetap khidmat mengikuti upacara hingga akhir.

Penjabat Bupati dalam sambutannya menyinggung tentang rentannya generasi muda tertarik dengan budaya mancanegara yang negatif seperti pergaulan bebas, mengkonsumsi narkoba, ditambah kemajuan teknologi yang menjadikan semuanya dari seluruh dunia menjadi dekat.

Semua itu justru membuat kemunduran karakter generasi muda. Apalagi untuk bahasa daerah, yang menurut laboratorium bahasa, menyatakan bahwa bahasa daerah di Tanimbar hampir punah.

“Usia dua puluh tiga tahun ini ibaratnya seperti mahasiswa yang sedang menyusun skripsi atau baru lulus. Artinya usia yang sangat produktif untuk memasuki dunia kerja. Jadi Kabupaten Kepulauan Tanimbar ada dalam usia produktif untuk meraih harapan-harapan,” tandas Indey.

Tema HUT tahun ini yakni Tanimbar optimis pulih lebih cepat, Tanimbar bangkit lebih kuat, menurut Indey, memberikan makna bahwa optimis itu harus, yakni di tengah tantangan kondisi global, Tanimbar harus pulih dari kondisi tersebut untuk maju lebih kuat lagi.

Indey mengajak seluruh elemen masyarakat di daerah yang terkenal dengan budaya Bakar Batu ini untuk melestarikan budaya warisan leluhur, mulai dari kesenian sampai dalam hal kerukunan atau toleransi dan masyarakat harus memiliki daya saing dengan modal potensi sumber daya yang dimiliki, sehingga Tanimbar yang maju dan mandiri bisa terwujud.

Dalam kesempatan itu Indey juga menyampaikan sejumlah prestasi yang sudah diraih selama ia memimpin. Ada prestasi yang sudah ditorehkan oleh putra-putri daerah.

Dalam tahun ini, generasi muda Tanimbar hampir semuanya meraih prestasi untuk mewakili Maluku ke tingkat nasional. Diantaranya Dafrosa Oratmangun sebagai Putri Genre Maluku, Duta Kosmetik Aman yang wakili Maluku di Bekasi, serta Stela Sainyakit untuk anggota Paskibra Nasional, Putri Pariwisata.

Indey mengaku bangga dengan banyaknya prestasi putra-putri dari Bumi Duan Lolat ini di berbagai bidang selama ini, baik di tingkat nasional bahkan internasional.

Usai upacara, dilanjutkan dengan Sidang Paripurna Istimewa DPRD yang juga dipusatkan pada Lapangan Mandriak dan disaksikan oleh seluruh rakyat di KKT. Kemudian berlanjut dengan makan patita bersama serta badendang yang merupakan tarian khas Tanimbar. (ZI-10)