Lintas Daerah

KONI SBB Sampaikan Kesiapan Ikut POPMAL ke Ketua DPRD

ZonaInfo.id, Piru- Plt Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB), Fredy Pentury dan Wakil Sekretaris Muhammad Sarman menyampaikan kesiapan kontingen SBB untuk mengikuti Pekan Olahraga Maluku (POPMAL) di Kota Ambon kepada Ketua DPRD setempat, Rasyid Lisaholit.

Keduanya bertemu Risaholed di ruang rapat DPRD SBB, Rabu (7/9/2022). Dalam pertemuan itu Pentury dan Sarman melaporkan berbagai langkah strategis diantaranya rapat pimpinan KONI SBB sebanyak tiga kali di kantor Bupati pada bulan Juli 2022.

Kemudian rapat kerja KONI yang melibatkan ketua-ketua cabor sebagai anggota KONI SBB pada bulan Juli 2022 di Cafe dan Resto de Larissa Kairatu Beach, Desa Kairatu.

Selanjutnya pencanangan POPMAL IV yang dilakukan oleh Ketua KONI Maluku, Murad Ismail di Lantai II Kantor Gubernur Maluku pada 20 Agustus 2022 yang dihadiri oleh para bupati wali kota dan ketua KONI se-Maluku.

Kepada Ketua DPRD, Pentury dan Sarman menyerahkan proposal kesiapan kontingen SBB untuk mengikuti POPMAL.

“Anggarannya 1,4 milyar. Ada 12 cabang olahraga yang diikutsertakan dari 18 cabang olahraga yang diperlombakan, yaitu atletik, karate, pencats ilat, taekwondo, kempo, whusu, panjat tebing, catur, tenis meja, panahan dan bola voli,” jelas Pentury.

Lanjutnya, jumlah atlet 157 orang, jumlah official 38 orang, pengurus kontingen 22 orang. Total  rombongan kontingen POPMAL SBB 217 orang, dengan target perolehan medali 34 emas.

“Kami sudah ajukan draf rancangan tim kontingen POPMAL SBB kepada pemerintah daerah melalui sekretaris daerah untuk diberikan surat keputusan oleh penjabat Bupati,” ujar Pentury.

Wakil Sekretaris KONI SBB Muhammad Sarman menambahkan sesuai rencana pada 15 September, KONI beserta ketua-ketua cabang olahraga akan menyampaikan presentasi di hadapan penjabat bupati, pimpinan DPRD, Porkopimda, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga, Kepala Keuangan, Kepala Bappeda dan pihak ketiga.

“Presentasi ini penting sehingga tidak terkesan KONI SBB memiliki manajemen tiba saat tiba akal, tetapi manajemen yang secara profesional dapat terukur dengan indikator dan variabel yang jelas,” ujar Sarman.

Ketua DPRD memberikan respons positif atas paparan singkat menyangkut kesiapan tim KONI SBB.

“Saya sudah sampaikan kepada bapak penjabat bupati beberapa waktu yang lalu dan beliau responsnya sangat baik,” ujar Lisaholit.

Ia berjanji akan mendorong anggaran POPMAL untuk dibahas dalam rencana kerja pemerintah daerah (RKPD), yang terpenting ada usulan dari tim anggaran eksekutif untuk DPRD, sehingga dimasukan dalam APBD perubahan tahun 2022.

“Ini tanggung jawab moral saya selaku wakil rakyat di lembaga yang terhormat ini, ini juga bagian dari membangun sumber daya generasi muda Seram Bagian Barat dari olahraga dan ini momentumnya,” tandas Risaholit. (ZI-14)