Lintas Daerah

Wakapolda Maluku Pimpin Upacara Peresmian Polres Bursel 

ZonaInfo.id, Namrole – Wakil Kepala Kepolisian Daerah (Wakapolda) Provinsi Maluku, Brigjen Pol. Jan de Fretes memimpin upacara peresmian Polres Kabupaten Buru Selatan (Bursel).

Upacara berlangsung di halaman Mapolres setempat, Senin (29/8/2022).

Turut hadir Wakil Bupati Gerseon Selsily, Sekda Iskandar Walla beserta pejabat Pemda Bursel, Kapolres Bursel AKBP Agung Gumilar, Kapolres Buru AKBP Egia Kusumawiatmaja, pimpinan dan anggota DPRD Bursel dan Kabupaten Buru serta undangan lainnya.

Kapolda Irjen Lotharia Latif dalam sambutan yang dibacakan Wakapolda Jan de Fretes mengatakan, peresmian ini merupakan wujud nyata dari komitmen Polri, khusnya Polda Maluku untuk melakukan transpormasi menuju Polri yang presisi, predik, responsibilitas, transparansi dan berkeadilan guna meningkatkan kualitas pelayanan Polri kepada masyarakat.

Lanjutnya, perkembangan lingkungan dan strategis yang terjadi akhir-akhir ini sangat berimplikasi pada peningkatannya tantangan tugas Polri.

“Tugas Polri guna menyesuaikan kebutuhan dan menjawab dinamika yang ada, perlu dilakukan penataan organisasi melalui prinsip tata kelola lembaga yang baik dan bersih,” ujar Wakapolda.

Dikatakan Polres Bursel telah melewati serangkaian proses verifikasi dan studi kelayakan untuk memastikan telah terpenuhinya kriteria dan persyaraatan, meliputi perkembangan jumlah penduduk, perkembangan gangguan Kamtibmas dan serta dukungan dari masyarakat dan pemerintah daerah setempat.

“Selanjutnya Polres Buru Selatan juga membawa konsukuensi pada penambahan jumlah personil Polri secara kuantitas, hal ini dapat diimbangi dengan peningkatan sumber daya personil Polri,” Kata Wakapolada.

Sementara Wakil Bupati Bursel dalam sambutannya menyampaikan selamat datang kepada Wakapolda Maluku dan rombongan di Negeri Lolik Lalen Fedak Fena.

“Atas nama Pemerintah Daerah saya ucapakan selamat kepada jajaran Kepolisian Polres Buru Selatan atas diresmikan Polres Buru Selatan, semoga tujuan kita untuk mewujudkan Buru Selatan yang lebih damai dan nyaman dapat tercapai,” ujar Selsily.

Kata Selsily, dengan peresmian Polres ini masyarakat bisa memanfaatkan fasilitas keamanan dan mendapat pelayanan sesuai kebutuhan dan harapan masyarakat.

“Kehdiran Polres di daerah ini dalam rangka mendukung dan menunjang tugas pokok dan fungsi Polri dalam mengawal kemanan dan ketertiban serta pelayanan masyarakat,” jelas Selsily.

Usai upacara Wakapolda dan Wakil Bupati didampingi Kapolres Bursel membuka tirai nama Polres Buru Selatan dengan menekan tombol sirine.

Setelah itu dilanjutkan peninjauan ruangan Polres Bursel. (ZI-11)