Ragam

Pangdam Pattimura Hadiri Vicon Kick Off Kolaborasi Percepatan Penurunan Stunting

ZonaInfo.id, Ambon – Pangdam XVI/ Pattimura, Mayjen TNI Ruruh A. Setyawibawa, didampingi Ketua Persit KCK PD XVI/ Pattimura, Ny. Indah Ruruh A. Setyawibawa menghadiri vicon Kick Off Kolaborasi Percepatan Penurunan Stunting, di Ruang Puskodalopsdam XVI/ Pattimura, Senin (8/8/2022).

Dalam acara yang dilakukan terpusat di Puri Ardhya Garini Jakarta ini mengundang mantan presiden ke-5 Indonesia, Megawati Soekarno Putri sebagai pembicara kunci.

Dalam kesempatan itu, Kepala BKKBN, Hasto Wardoyo melakukan penandatanganan MOU Konvergensi dalam Percepatan Penurunan Stunting dengan Ketua Umum Dharma Pertiwi, Ny. Hetty Andika Perkasa dan disaksikan Panglima TNI.

Tak hanya sekadar penandatanganan MOU, namun juga digelar sosialisasi menu sehat untuk cegah stunting dengan demo masak dan pembagian buku menu.

Hasto Wardoyo mengatakan Megawati Soekarno Putri merupakan penggagas buku ‘Resep Makanan Baduta dan Ibu Hamil untuk Generasi Emas Indonesia’.

“Peran TNI/Polri dan tokoh masyarakat berperan sentral. BKKBN berkolaborasi dengan TNI/Polri sangat strategis dalam rangka percepatan penurunan stunting,” ucap Hasto.

Sementara itu, Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa mengatakan pihaknya siap untuk mendistribusikan buku yang digagas Megawati tersebut.

“Kami akan berkoordinasi dan kami mintakan versi e-booknya supaya sharing ke seluruh satuan bawah sampai warga masyarakat kita bisa tinggal share melalui whatsapp atau media sosial lainnya. Jadi kami siap mendukung Ibu,” katanya.

Selain itu, pada vicon tersebut juga dilaksanakan Pengukuhan Ketua Umum Dharma Pertiwi dan Ketua Umum Bhayangkari sebagai Bunda Asuh anak stunting oleh Kepala BKKBN RI.

Vicon ini juga diikuti oleh sebanyak 960 persit di seluruh jajaran Kodam XVI/Pattimura secara daring. Setiap Kodam mengemban tanggung jawab dalam percepatan penurunan stunting bagi anak- anak stunting di wilayahnya masing- masing.

Turut hadir mengikuti vicon, diantaranya Aspers Kasdam XVI/ Pattimura, Aster Kasdam XVI/ Pattimura juga pengurus Persit KCK PD XVI/Pattimura. (ZI-10)