Lintas Parlemen

Rapat Paripurna DPRD Buru Diwarnai Aksi Baku Pukul

ZonaInfo.id, Namlea – Ketua DPRD Buru, Muh Rum Soplestuny dan Ketua Partai Demokrat, Erwin Tanaya terlibat baku pukul dalam Rapat Paripurna DPRD Buru, Selasa sore (26/7/2022).

Namun insiden itu hanya berlangsung singkat. Dua wakil ketua, Dali Fahrul Syarifudin dan Djalil Mukaddar ikut meninggalkan kursi wakil pimpinan dan bersama sejumlah anggota dewan dan staf sekretariat datang melerai insiden baku pukul itu.

Wartawan media ini melaporkan, Rapat Paripurna DPRD sore itu dengan agenda penyampaian pendapat akhir fraksi dan laporan Banggar sekaligus persetujuan DPRD terhadap Ranperda LPJ ABPD TA 2021.

Rapat paripurna turut dihadiri Penjabat Bupati, Djalaluddin Salampessy, Sekda Muh Ilyas Hamid dan sejumlah pimpinan OPD.

Saat rapat baru dibuka Ketua DPRD, Muh Rum Soplestuny, terdengar Ketua Partai Demokrat Kabupaten Buru, Erwin Tanaya melakukan interupsi.

Erwin yang dilengserkan rekan-rekannya dari Partai Nasdem dan Perindo di kursi Ketua Fraksi Bupolo, sempat beranjak ke meja pimpinan dewan seraya menyerahkan foto copy kesepakatan bersama tiga partai yang menetapkan dirinya sebagai ketua Fraksi Bupolo.

Copyan surat itu juga sempat dibagi bagi ke sejumlah anggota dewan dan tamu undangan yang hadir.

Erwin Tanaya memasalahkan statusnya yang diselenger dari ketua fraksi tanpa ada persetujuan dari Partai Demokrat.

Karena itu, pengiriman nama anggota Fraksi Bupolo oleh ketua fraksi yang baru untuk mengisi sejumlah posisi di AKD dianggapnya cacad hukum yang  akan berimplikasi hukum terhadap produk DPRD.

Erwin meminta tanggapan dari Ketua DPRD atas masalah internal di Fraksi Bupolo.

Masalah internal di Fraksi Bupolo yang dibawa Erwin dalam rapat paripurna itu, sempat memancing beberapa anggota dewan ikut angkat bicara.

Situasi mulai memanas, karena ada beberapa anggota dewan yang menyela pembicaraan Erwin dan dibiarkan oleh pimpinan sidang.

Erwin ngotot meminta waktu agar ia dapat menyampaikan masalah internal fraksi di rapat hari itu. Ia menuntut ketua dewan menjawab masalah pergantian ketua fraksi yang melenceng dari kesepakatan awal tiga partai.

Sudah ditanggapi Rum Soplestuny. Namun nampak Erwin tidak puas dengan penjelasan itu.

Erwin terus berteriak agar ketua dewan kembali memberikan waktu satu menit untuk ia memberikan penjelasan. Namun tidak ditanggapi.

Karena semakin memanas,  maka  Iksan Tinggapy dari Fraksi Partai Golkar yang pernah menjadi Ketua DPRD Buru ini berusaha mendinginkan situasi, dengan menawarkan sidang sebaiknya diskorsing dahulu.

Selain dikorsing untuk menunaikan sholat magrib, suasana skorsing itu dapat dilakukan untuk lobi-lobi, sehingga masalah di tubuh Fraksi Bupolo itu tidak lagi dibawa di rapat paripurna.

Setelah Iksan berbicara, Mazer Salasiwa dari Fraksi PPP juga meminta agar rapat paripurna fokus saja pada agenda inti, sehingga jangan lagi melebar ke persoalan lain.

Saat Mazer mulai berbicara, pengeras suara diduga sengaja dimatikan.

Sedangkan Erwin terus berteriak agar tetap diberikan waktu satu menit untuk berbicara.

Erwin mencoba menggunakan pengeras suara di mejanya. Tapi sudah dimatikan, sehingga ia sempat gerah dan bertanya kenapa pengeras suara dimatikan.

Erwin berdiri dari kursi dan membanting pengeras suara di mejanya . Ia terus meninggalkan kursi dan berjalan ke arah meja pimpinan sidang.

Setibanya di depan meja pimpinan, tangan kiri Erwin yang sedang memegang botol air mineral dilemparkan ke bawah meja pimpinan.

Dari arah belakang, anggota Partai Nasdem yang kini mengambil alih kedudukan Erwin sebagai Ketua Fraksi Bupolo, Robi Nurlatu juga terlihat melempar air mineral ke tubuh Erwin Tanaya.

Namun meleset dan  Erwin terlihat  melenggang kangkung  meninggalkan ruang sidang Bupolo I.

Insiden pelemparan air mineral itu, ikut menyulut emosi Ketua Dewan.

Rum Sopletuny  berlari ke arah Erwin Tanaya dan tangan kirinya dilayangkan untuk memukul Erwin. Tapi ditangkis Erwin dengan tangan kanan.

Rum Soplestuny berusaha terus memukul  dengan tangan kanan  dan Erwin juga tidak hanya berdiam diri serta balik balas memukul.

Suasana kacau itu keburu dilerai Djalil dan Dali serta sejumlah orang yang bergegas ke arah Rum dan Erwin. Keduanya lalu dipisahkan.

Insiden baku pukul yang tidak diduga itu ditonton Penjabat Bupati dan Ia tidak ikut melerainya.

Dalam situasi kacau itu terdengar ada teriakan dari sejumlah tamu undangan, agar tetap menjaga marwah DPRD sehingga tidak harus sampai terjadi saling baku pukul.

Insiden yang tidak berlangsung lama itu tidak sampai mengganggu jalannya rapat paripurna.

Rum Soplestuny kembali memimpin jalannya rapat paripurna hingga selesai. Sedangkan Erwin memilih meninggalkan ruang rapat guna menghindari insiden lanjutan. “Beta langsung pulang supaya seng rebut,” ujar Erwin.

Sementara itu jubir Fraksi Bupolo, Rifai Takimpo saat menyampaikan pandangan akhir fraksi, sempat menyampaikan permintaan maaf atas nama fraksinya dalam insiden itu. (ZI-18)