Ragam

Pantau Stok dan Harga Minyak Goreng, Pangdam Pattimura Perintahkan Sidak Pasar

ZonaInfo.id, Ambon – Pangdam XVI/Pattimura, Mayjen TNI Richard Tampubolon memerintahkan jajarannya untuk melakukan sidak ke pasar-pasar di Maluku.

Sidak berlangsung Kamis (2/6/2022) untuk memantau stok dan harga minyak goreng. Hal ini menindaklanjuti perintah Kasad, Jenderal TNI Dudung Abdurachman.

Beberapa waktu lalu sempat terjadi kelangkaan minyak goreng yang berimbas pada naiknya harga minyak.

Sidak melibatkan Polda Maluku dan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Pemprov Maluku.

Hasil sidak masih terdapat pedagang yang menjual minyak goreng pada kisaran harga Rp 15.000 hingga Rp 30.000.

“Kami akan terus berkoordinasi, bekerja sama dan ikut mengawal bersama dinas terkait untuk memantau Harga Eceran Tertinggi minyak goreng,” tandas Pangdam XVI/Pattimura, Mayjen TNI Richard Tampubolon.

Pangdam mengimbau para pedagang agar menjual minyak goreng sesuai dengan Permendag Nomor 11 Tahun 2022 yang menetapkan HET Rp 14.000 per liter atau Rp 15.000 per kg agar tidak memberatkan konsumen.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan HET minyak goreng masih tidak sesuai anjuran pemerintah. Salah satunya pasokan yang didatangkan para agen masih dalam proses bongkar muat dan masih terdapat stok lama.

“Bila dijual dengan harga baru maka pedagang akan mengalami kerugian,” ujarnya.

Dari laporan sidak di lapangan ketersediaan stok minyak goreng hingga saat ini terpantau aman, meskipun harganya belum stabil.

“Jangan sampai masyarakat menjadi resah karena isu kelangkaan minyak goreng. Bersama dinas terkait kami akan menindak tegas oknum-oknum yang memainkan isu kelangkaan minyak apalagi sampai menimbun minyak goreng,” tandas Pangdam. (ZI-10)