Danlantamal IX Hadiri Halal Bi Halal Pengurus Pusat Pardomuan Batak-Hikamsu Maluku

ZonaInfo.id, Ambon – Mempererat tali silaturahmi dan memelihara kerukunan hidup antar umat beragama di Provinsi Maluku, Danlantamal IX Ambon Brigadir Jenderal TNI (Mar) Said Latuconsina menghadiri acara halal bi halal yang digelar oleh Pengurus Pusat Pardomuan Batak Provinsi Maluku.

Halal bi halal berlangsung di Auditorium Kampus Unpatti, Poka, Kota Ambon, Sabtu (21/5/2022).

Hadir dalam kegiatan tersebut, Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Richard Tampubolon, Irwasda Polda Maluku, Kapolresta Ambon, Kajati Provinsi Maluku, Ketua MUI Provinsi Maluku, Ketua Umum Pengurus Pardomuan Batak Provinsi Maluku, Ketua Umum Hikamsu Provinsi Maluku, Penceramah Dosen IAIN Ambon Ustadz Abidin Wakano, para tokoh masyarakat dan para tokoh agama serta para tamu undangan lainnya.

Halal bi halal 1443 H/ 2022 M bersama Pengurus Pusat Pardomuan Batak- Himpunan Keluarga Muslim Sumatera (Hikamsu) Provinsi Maluku tersebut mengambil tema “Dengan Semangat Falsafah Adat Dalihan Na Tolu, Sucikan Hati Dalam Indahnya Kebersamaan dan Keragaman Silaturahmi Antar Warga Batak dan Keluarga di Perantauan”.

Sebelum mengawali acara, pembacaan ayat suci Al Quran kemudian Laporan Ketua Panitia Kolonel Anggit Tambunan, serta hiburan dari artis Trio Ambisi yang didatangkan langsung dari Medan, Sumatera Utara.

Dalam kesempatan sambutan pertama dari Ketua Umum Pengurus Pardomuan Batak – Hikamsu Provinsi Maluku Sormin, menyampaikan ucapan terima kasih dan rasa bangga kepada tamu undangan yang hadir.

Ia pun menjelaskan arti dari filosofi adat Dalihan Na Tolu dalam acara halal bi halal tersebut yaitu kesetaraan, kebersamaan dan saling menghormati.

“Menjadi makna yang Hakiki dari falsafah adat Dalihan Na Tolu yaitu kebersamaan, saling menghormati dan juga kesetaraan antar sesama,” tutur Sormin.

Dirinya berharap acara ini terus berlanjut dan berkesinambungan, dan bisa dilaksanakan di tahun-tahun berikutnya.

Sementara itu Ketua MUI Provinsi Maluku H. Abdullah Latuapo, menyampaikan ucapan rasa bangga dan terima kasih atas undangan halal bi halal tersebut.

“Saya berharap semoga dengan adanya acara halal bi halal ini, bisa memupuk rasa saling menghormati dan menghargai serta menumbuhkan kerukunan antar sesama umat beragama,”ucapnya.

Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Richard Tampubolon yang memberikan sambutan terakhir, memberikan apresiasi dan terima kasih kepada tamu undangan yang hadir serta rasa bangga kepada panitia yang telah menyelenggarakan acara halal bi halal ini dengan sukses.

“Terimah kasih kepada semua pihak yang telah membantu terlaksananya kegiatan halal BI halal saat ini,” katanya. (ZI-10)

%d blogger menyukai ini: