Lintas Daerah

Kafilah Bursel Pawai Ta’aruf MTQ XXIX, Bupati KKT Senang Antusias Masyarakat

ZonaInfo.id, Saumlaki – Kafilah Kabupaten Buru Selatan mengikuti pawai Ta’aruf dalam memeriahkan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) XXIX Tingkat Provinsi Maluku Tahun 2022 di Kota Saumlaki, Kabupaten Kepulauan Tanimbar (KKT).

Pawai Ta’aruf berlangsung di depan gedung Natar Kaumpu, Kamis (17/3/2022). Bupati KKT Petrus Fatlolon melepas pawai ta’aruf dengan mengangkat bendera star.

Kafilah Kabupaten Buru Selatan mengikuti Pawai Ta’aruf dipimpin oleh Mansur Monny mendapat kehormatan melepas Tim Buru Selatan.

Sebanyak 968 peserta dari 11 Kabupaten dan Kota di Provinsi Maluku mengikuti Pawai Ta’aruf. Jarak yang akan ditempuh sepanjang 3 Km dan akan berakhir di Taman Kota Saumlaki.

Warga Kota Saumlaki terlihat antusias menyaksikan pelepasan Pawai Ta’aruf MTQ XXIX Tingkat Provinsi Maluku.

Bupati KKT dalam sambutannya berharap, melalui pelaksanaan MTQ XXIX Tingkat Provinsi Maluku, bisa menjadi syiar yang efektif untuk mengajak masyarakat Kepulauan Tanimbar bersama-sama mewujudkan kabupaten yang agamais, relegius dan bertakwa.

Fatlolon mengaku sangat senang sekali atas antusias masyarakat Kabupaten Kepulauan Tenimbar yang datang menyaksikan Pawai Ta’aruf MTQ XXIX Tingkat Provinsi Maluku.

“Diharapkan Pawai Ta’aruf ini semakin menambah semarak pada pelaksanaan rangkaian MTQ XXIX di Kepulauan Tenimbar Ibu Kota Saumlaki,” ucapnya.

Fatlolon mengatakan dirinya sangat senang karena pelaksanaan MTQ XXIX adalah yang pertama sejak pemekaran dan Kabupaten KKT sebagai tuan rumah.

“Dengan momen MTQ XXIX Tingkat Provinsi Maluku kita berharap lebih mempererat tali persaudaraan diantara sesama umat beragama dan masyarakat Duan Lolat,” harap Bupati.

Pawai Ta’aruf MTQ XXIX turut mendapat pengawalan aparat kepolisian dan TNI.

Sebanyak 968 peserta Pawai Ta’aruf MTQ XXIX Tingkat Provinsi Maluku, terdiri dari Kota Ambon 81 peserta, Kabupaten Maluku Tengah 76 peserta, Kabupaten Buru 68 peserta, Kabupaten Buru Selatan 76 peserta.

Kemudian Kabupaten SBT  71 peserta, Kabupaten SBB 83 peserta, Kabupaten Maluku Tenggara 125 peserta, Kota Tual 166 peserta, Kabupaten Aru 104 peserta, Kabupaten MBD 39 peserta dan Kabupaten Kepulauan Tenimbar 79 peserta.

Sedangkan 7 cabang mata lomba yang akan diikuti adalah Tilawatil Qur’an, Hifzil Qir’an, Syahril Qur’an, Fahmil Qur’an, Khat, Musabaqah Makalah Ilmiah Al Qur’an dan Kira’at Qur’an. (ZI-11)