Yusuf: Kelurahan Honipopu Masuk Lokus Stunting

ZonaInfo.id, Ambon – Kelurahan Honipopu, Kecamatan Sirimau, Kota Ambon tahun ini masuk dalam lokus stunting, sehingga pencegahan dan penurunan angka stunting perlu digencarkan.

Demikian disampaikan Lurah Honipopu, Novril Yusuf kepada media ini di Ambon, Senin (21/2/2022).

Yusuf mengatakan, pihaknya tahun ini telah memasukan program pencegahan stunting. “Stunting merupakan gagal tumbuh pada anak usia di bawah lima tahun, akibat dari kekurang gizi kronis, infeksi dan stimulasi psikososial yang tidak memadai, terutama dalam 1000 hari pertama kehidupan (HPK), terhitung mulai dari janin hingga berusia 23 bulan,” jelasnya.

Karena itu, perlu diadakan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat khususnya anak-anak karena mereka merupakan generasi penerus yang harus diperhatikan.

Bentuk perhatian yang harus dilakukan yaitu pemenuhan asupan gizi yang baik bagi tumbuh kembang anak.

“Dalam sosialisasi stunting nanti, kami lebih fokus pada ibu hamil, gadis remaja, serta kepada ibu yang sedang menyusui,” ungkap Yusuf.

Selain itu, pencegahan stunting dimasa pandemi Covid-19 menjadi momentum yang tepat dalam mewujudkan pemulihan kesehatan bagi masyarakat yang ada di Kelurahan Honipopu maupun Kota Ambon.

“Untuk program sosialisasi stunting ini, Keluruhan Hunipopu dijadwalkan di bulan Maret 2022 mendatang. Sumber anggarannya berasal dari APBD tahun 2022,” jelasnya. (ZI-17)

%d blogger menyukai ini: