Richard: LIN Untuk Kepentingan Seluruh Warga Maluku

ZonaInfo.id, Ambon – Lumbung Ikan Nasional (LIN) yang sejak lama diperjuangkan untuk ditetapkan pemerintah pusat semata-mata bagi kepentingan seluruh masyarakat Maluku.

Wali Kota Ambon, Richard Louhenapessy menegaskan, kalau ada yang masih mempolemikan perjuangan untuk mewujudkan LIN tersebut, itu sesuatu yang patut disesalkan dan memalukan.

‘’Mari kita sepakat untuk melihat Maluku kedepan. Kalau selama ini ada kurang-kurang, mari kita benahi secara bersama. Untuk siapa, ya untuk kepentingan seluruh warga Maluku,’’ kata Wali Kota kepada media ini di Ambon belum lama ini.

Dikatakan, perjuangan LIN ke pusat yang dilakukan pemerintah dan berbagai eleman masyarakat termasuk DPRD Maluku, bukan untuk kepentingan orang per orang, bukan juga untuk kepentingan Pemerintah Provinsi Maluku, tetapi ini untuk kepentingan seluruh warga Maluku.

‘’Menurut saya, jangan kita permasalahkan LIN ini, yang penting, ada pengakuan dulu dari pemerintah pusat, sehingga ada kebijakan politik yang menguat, bahwa benar-benar LIN ini ada di Maluku,’’ tegasnya.

Jika pemerintah pusat sudah menetapkan LIN di Maluku, kata Wali Kota, maka kekurangan yang selama ini ada, secara perlahan akan dilengkapi bersama.

Untuk itu ia meminta semua pihak mendorong terus agar ada pengakuan pusat terhadap LIN di Maluku.

Masih kata Wali Kota, LIN tidak akan dipindahkan ke tempat lain, karena potensi terbesar perikanan Indonesia itu ada di Maluku. Olehnya LIN tidak boleh dilihat dari prespektif politik, namun harus dilihat dari prespektif kesejahteraan rakyat.

‘’Makanya kita harus tetap dorong untuk pengakuan itu, walau memang keputusannya itu adalah keputusan politik, namun dampaknya akan besar dirasakan masyarakat Maluku,’’ ujarnya.

Ia meminta agar mereka yang kurang mengerti tentang LIN, jangan berkomentar berlebihan, sebab bisa membuat hal ini menjadi kacau.

‘’Kalau mengerti lalu komentar, itu tidak apa, namun kalau tidak mengerti lalu komentar, itu yang kurang baik,’’ tandasnya.

Wali Kota juga mengapresiasi Pemprov Maluku khususnya Gubernur, Murad Ismail yang terus memperjuangkan pengakuan pemerintah pusat terhadap Maluku sebagai LIN.

‘’Dengan relasi yang baik di pusat, saya sangat mengapreseasi perjuangan Gubernur Maluku, agar Maluku diakui sebagai LIN oleh pemerintah,” ujarnya. (ZI-17)

%d blogger menyukai ini: