Hadiri Pisah Sambut Pangdam Pattimura, Gubernur Harap Silaturahmi Tetap Terjalin

ZonaInfo.id, Ambon – Gubernur Maluku, Murad Ismail bersama para Forkopimda Maluku menghadiri pisah sambut Panglima Komando Daerah Militer (Pangdam) XVI/Pattimura, yang berlangsung di Lapangan Indoor Tapal Kuda, Kediaman Pangdam XVI/Pattimura, Selasa (4/1/2022) malam.

Jabatan Pangdam kini dipegang oleh Mayjen TNI Richard T.H. Tampubolon menggantikan Mayjen TNI Bambang Ismawan yang mendapat promosi jabatan menjadi Komandan Komando Pembina Doktrin, Pendidikan, dan Latihan TNI Angkatan Darat.

Pada kesempatan itu, Gubernur Maluku Murad Ismail melepas serta menghaturkan terima kasih kepada  Mayjen TNI Bambang Ismawan selama bertugas sebagai Pangdam di Maluku.

“Saya atas nama Gubernur dan Pemerintah Provinsi Maluku, menyampaikan penghargaan dan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya, kepada bapak Bambang Ismawan yang selama kurang lebih 5 bulan telah memberikan sumbangsih, dedikasi, dan pengabdiannya bagi Provinsi Maluku, terutama dalam aspek pertahanan dan keamanan serta integritas NKRI,” ungkap Gubernur.

Gubernur berharap, kemitraan Forkopimda yang telah terjalin selama ini dengan baik, antara Mayjen TNI Bambang Ismawan sebagai Pangdam di daerah Maluku, yang merupakan salah satu unsur Forkopimda di daerah ini, Insya Allah akan senantiasa dilanjutkan oleh Mayjen TNI Richard T.H. Tampubolon, selaku Pangdam XVI/Pattimura yang baru.

“Harapan kami, dengan kepindahan bapak Bambang Ismawan ke tempat tugas yang baru, semoga mendapat posisi yang lebih baik. Dan harapan kami juga, hubungan silaturahim kita yang selama ini terjalin, akan tetap selalu terpelihara dan terlaksana secara berkesinambungan,” kata Gubernur.

Selanjutnya, mantan Dankor Brimob Polri ini pun mengucapkan selamat datang kepada Pangdam yang baru.

“Selamat bertugas sebagai pimpinan TNI di Maluku, bapak Richard T.H. Tampubolon. Insya Allah, hubungan baik yang selama ini terjalin antara pemerintah daerah dengan bapak Pangdam yang lama, akan terus tersambung dengan Pangdam yang baru,” ucapnya.

Dilain sisi, Gubernur menyampaikan, berbagai macam program yang dilakukan oleh Pemprov Maluku, semuanya dapat terlaksana dengan sukses  dan lancar. Semuanya, sebut Gubernur, tidak terlepas dari dukungan dan kerjasama yang baik dengan Jajaran Kodam XVI/Pattimura, dibawah kepemimpinan bapak Pangdam yang lama.

“Kedepan kami pun berharap kerjasama Pemprov dengan jajaran Kodam XVI/Pattimura dapat terus terlaksana dengan lancer,” imbuhnya.

Pada kesempatan itu, Gubernur juga menjelaskan terkait kondisi geografis wilayah Maluku kepada Mayjen TNI Richard T.H. Tampubolon selaku Pangdam yang baru. Dimana, Gubernur menjelaskan, sebagai Provinsi Kepulauan, Maluku memiliki luas wilayah 712.479 km2, terdiri dari lautan seluas 92,4 persen dan daratan 7,6 persen, dengan jumlah pulau kurang lebih 1.340 buah, sehingga dijuluki daerah seribu pulau.

“Dari segi administrasi pemerintahan, Provinsi Maluku memiliki 2 kota, yaitu Kota Ambon dan Kota Tual dan 9 kabupaten, dengan jumlah penduduk 1,8 juta jiwa. Dan secara geografis wilayah Provinsi Maluku juga berbatasan dengan negara tetangga Australia dan Timor Leste di sebelah selatan. Kondisi ini memberikan konsekuensi bagi kita selaku aparat negara, baik pemerintah daerah maupun TNI/Polri, untuk mampu mensinergikan segenap potensi yang ada guna menjaga keutuhan dan integritas Negara Kesatuan Republik Indonesia yang sama-sama kita cintai dan banggakan,” tandas Gubernur. (ZI-10)

%d blogger menyukai ini: