Ragam

Santunan Jasa Raharja Maluku Menurun

ZonaInfo.id, Ambon – Santunan Jasa Raharja Cabang Maluku kepada masyarakat korban kecelakaan tahun 2021 menurun.

Pada tahun 2021 santunan yang diberikan kepada korban kecelakaan darat, udara dan laut sebesar Rp. 6,8 Miliar, menurun dari tahun sebelumnya sebesar Rp 7,1 Miliar.

Hal ini diungkapkan Kepala Kantor Jasa Raharja Cabang Maluku, Triadi saat kegiatan Media Gathering PT Jasa Raharja Cabang Maluku bersama wartawan, yang berlangsung di Cafe Pelangi Ambon, Kamis (30/12/2021).

Triadi mengimbau masyarakat untuk lebih berhati-hati melewat daerah rawan kecelakaan.

“Daerah di Kota Ambon yang rawan laka diantaranya adalah daerah Poka, pangkalan taksi,” katanya.

Ia menjelaskan, total santunan sampai dengan November 2021 yang telah diserahkan Jasa Raharja sejumlah Rp 6,8 Miliar. Jika dibandingkan dengan tahun lalu periode yang sama turun -3,6%.

Sementara, jumlah korban meninggal dunia yang dibayarkan sampai dengan November 2021 sejumlah Rp 5,04 Miliar atau sebanyak 97 korban. Dibandingkan tahun lalu periode yang sama mengalami penurunan jumlah korban -8,49%.

Adapun santunan yang diberikan sesuai dengan Surat Keputusan Menteri Keuangan Nomor 36 tahun 2017, dengan rincian korban meninggal Rp 50 juta, perawatan Rp 20 juta, cacat tetap maksimal Rp 50 juta, biaya penguburan Rp 4 juta, dan ambulans Rp 1 juta.

“Adanya biaya penguburan diperlukan karena korban tidak mempunyai ahli waris,” paparnya.

Lanjutnya, PT Jasa Raharja Cabang Maluku mengalami kendala saat mengedukasi seluruh program kepada masyarakat adalah Provinsi Maluku adalah daerah kepulauan, serta tingkat kesadaran masyarakat untuk melaporkan sangat minim.

Triadi menambahkan, dalam perayaan Natal terdapat 16 kasus kecelakaan, dengan korban 29 orang, dan yang meninggal 8 orang.  “Total korban selama 9 hari 37 orang,” ungkapnya.

Langkah-langkah yang dilakukan adalah pengobatan gratis, bersosialisasi dengan komunitas jalan, mengedukasi masyarakat.

“Kita mengimbau di hari raya supaya masyarakat tidak mudik, dan bisa mengikuti SAYANG JR (Silaturahmi Online Bersama Yang Tersayang Bareng Jasa Raharja) dengan memberikan pulsa gratis 150 ribu kepada 5.000 orang yang acara puncaknya tanggal 23 Desember 2021. Peserta dari Maluku sebanyak 91 orang,” jelas Triadi. (ZI-17)