Penjabat Kades Kairatu Ajak Warga Bangkitkan Ekonomi

ZonaInfo.id, Piru – Penjabat Kepala Desa Kairatu, Kecamatan Kairatu, Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB), Pebri Jakobus Ruspanah mengajak warganya untuk bersama membangkitkan perekonomian yang terpuruk.

Ajakan ini disampaikan Ruspanah saat memberikan sambutan pada peresmian kawasan wisata Kairatu Beach, di Pantai Tomayuri, Desa Kairatu oleh Bupati SBB Timotius Akerina, Minggu (21/11/2021).

“Peresmian destinasi wisata Kairat Beach menjadi momentum untuk kita bangkit bersama untuk memulihkan negeri ini dari keterburukan ekonomi,” tandasnya.

Ruspanah mengungkapkan sejumlah peristiwa yang menyebabkan keterpurukan ekonomi di Desa Kairatu, yaitu konflik sosial di Maluku tahun 1999 silam, kemudian gempa bumi tahun 2019 yang menyebabkan banyak rumah warga yang mengalami kerusakan, dan banyak warga yang mengungsi.

“Datang lagi pandemi Covid-19 yang melanda dunia termasuk di negeri kita ini. Dengan demikian roda perekonomian masyarakat Kairatu mengalami kemerosotan dan stagnan,” ujarnya.

Lanjutnya, warga bisa melakukan kerja sama dengan CV Rizki Gemilang Group sebagai pengelola Kairatu Beach agar mengembangkan usaha mikro di Desa Kairatu.

“Contoh kita bisa siapkan kuliner yang berciri khas lokal daerah, oleh-oleh berupa souvenir yang menjadi ikon daerah ini,” kata Ruspanah.

Ruspanah berharap, warga Kairatu menjaga keamanan, kenyamanan dan keindahan panorama wisata Kairatu Beach, sehingga menjadi daya tarik bagi banyak orang untuk berkunjung.

“Itu artinya masyarakat di Desa Kairatu harus memiliki keramahtamahan bagi semua pengunjung,” ujarnya.

Selain itu, ada dua hektar lahan yang dihibahkan pihak pengelola Kairatu Beach kepada Dinas Perikanan Maluku untuk budidaya ikan air payau.

“Ini peluang yang mesti kita manfaatkan secara baik dan bertanggung jawab. Ini ada nilai budaya dan pengetahuan yang mesti diedukasi untuk generasi muda,” kata Ruspanah.

Ruspanah menambahkan, kehadiran kawasan wisata Kairatu Beach menciptakan lapangan pekerjaan dan mendatangkan pendapatan bagi desa.

“Saya mewakili masyarakat Kairatu menyampaikan apresiasi dan terima kasih bagi Bapak Heru dan keluarga yang sudah dapat berinvestasi di negeri ini,” ujarnya. (ZI-14)

%d blogger menyukai ini: