Calon Kades Seruawan Diingatkan Jaga Suasana Kondusif

ZonaInfo.id, Piru – Desa Seruawan, Kecamatan Kairatu, Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB) siap melaksanakan pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak pada 20 Oktober 2021 mendatang. Para calon diingatkan untuk menjaga suasa kondusif.

Visi misi telah disampaikan para calon kepala desa Seruawan, yaitu Alfons Pentury, Edoward Pentury dan Yopi Pentury. Selanjutnya warga yang akan menentukan siapa yang layak memimpin Desa Seruawan kedepan.

“Panitia telah memfasilitasi untuk tiga calon kepala desa menyampaikan visi misi dan program kerja di hadapan panitia dan masyarakat yang hadir pada Kamis, 14 Oktober. Penyampaian visi misi ini bagian dari proses pentahapan Pilkades Seruawan,” kata Ketua Panitia Pilkades Seruawan, Roy Sahetapy, Sabtu (16/10/2021).

Selain bagian dari tahapan Pilkades, kata Sahetapy, penyampaian visi misi dan program kerja adalah cara panitia mengedukasi masyarakat untuk memilih secara cerdas dan rasional.

“Jadi pada prinsipnya kita mengedukasi masyarakat untuk tidak memilih karena punya hubungan emosional dengan calon atau berupa janji-janji manis,” ujarnya.

Sahetapy berharaps masyarakat Seruawan benar-benar menggunakan hak memilih secara benar dan bertanggung jawab.

“Berdasarkan jadwal, panitia menyiapkan waktu tiga hari untuk para calon menyampaikan visi misi. Namun lewat kesepakatan panitia dengan tiga calon, penyampaian visi misi cuma satu hari, dua harinya bisa dimanfaatkan oleh para calon untuk melakukan sosialisasi kepada masyarakat dengan cara-cara yang santun,” jelasnya.

Sahetapy mengklaim, proses Pilkades Seruawan paling kondusif di Kecamatan Kairatu. Karena itu, kampanye hitam harus dihindari oleh para calon.

“Dalam pengamatan kami di Kecamatan Kairatu, Desa Seruawan paling kondusif, ini yang kita harapkan bersama. Pihak Gereja juga turut serta menyuarakan agar Pilkades Seruawan berjalan damai dan aman,” ujarnya. (ZI-14)

%d blogger menyukai ini: