Ketum Dekranas Minta Tingkatkan Inovasi Produk Kerajinan Tangan Maluku

ZonaInfo.Id, Ambon – Ketua Umum Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) Hj Wury Estu Handayani Ma’ruf Amin meminta Dekranasda Maluku untuk tingkatkan inovasi kerajinan tangan Maluku.

Hal ini diungkapkan Ibu Wakil Presiden RI saat  blmelihat sejumlah kerajinan tangan para perajin masing-masing kabupaten/kota di Kantor
Dekranasda Provinsi Maluku di Jalan Rijali, Kota Ambon, Rabu (13/10/2021).
Menurutnya,  semangat inovasi harus selalu ditingatkan agar daya saing produk-produk kerajinan tangan Maluku semakin bagus.

“Semangat ya. Inovasi harus selalu ditingkatkan melalui Dekranasda, agar daya saing produk-produk kerajinan tangan dari daerah ini semakin bagus,” pinta Ibu Wury.

Ia juga meminta kepada pengurus Dekranasda Maluku untuk terus meningkatkan kemampuan sumber daya yang ada agar daya saing produk kerajinan tangan semakin meningkat. Sebab, peran Dekranasda dapat menumbuhkan inovasi dan kreatifitas para perajin dengan menggali motif-motif khas Maluku.

“Disamping itu, dapat meningkatkan daya saing dan mempertahankan warisan kebudayaan,”pesan Ibu Wury.

Katanya,  Maluku yang memiliki berbagai suku, pulau dan jutaan kreasi dari budaya harus didukung dan dikembangkan.
Atas dasar itu, bersama Dekranas, pihaknya akan terus mendorong perajin dalam berkarya.

Walaupun begitu, lanjut Ibu Wury, perlu ada penyiapan regenerasi SDM yakni, perajin yang unggul dan menggali,  melestarikan dan mengembangkan warisan tradisi dan budaya bangsa, agar dapat meningkatkan daya saing produk kerajinan berbasis kearifan lokal dengan selera global melalui pengembangan inovasi, desain dan kreatifitas.

Untuk diketahui. Istri Wakil Presiden saat mengunjungi Maluku didampingi oleh Istri Gubernur Maluku yang juga Ketua Dewan Kerajinan Daerah (Dekranasda) Provinsi Maluku,  Widya Pratiwi Murad bersama Ketua Harian Dekranasda Elvis Pattiselano dan istri Pangdam XVI/Pattimura, Shinta

Bambang  Ismawan.
Dalam kunjunganya, Ibu Wury tampak senang dan memuji hasil-hasil kerajinan para perajin Maluku. Bahkan hasil kerajinan itu dijadikan oleh-oleh dari Maluku. (ZI-10) 

%d blogger menyukai ini: