Tes Seleksi CPNS SBB Diwarnai Aksi Protes

ZonaInfo.Id, Piru – Tes seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB) diwarnai aksi protes.

Berdasarkan jadwal yang telah ditetapkan oleh panitia pelaksana tes CPNS di Kabupaten SBB, tes berlangsung selama empat hari. Hari Jumat (24/9/2021) adalah hari terakhir, yang dikhususkan untuk pegawai kontrak tahun 2010 berjumlah 113 orang.

Mereka telah bersiap-siap di lokasi untuk mengikuti tes berdasarkan arahan dari panitia. Tiba-tiba datang sekelompok orang mengatasnamakan pegawai honorer K2 yang diketuai Musa Nurue melakukan aksi protes terhadap panitia dan Pemerintah Kabupaten SBB.

Alasan mereka melakukan protes kepada panitia, karena mereka kuatir apabila tes tetap berlangsung untuk pegawai kontrak tahun 2010, maka akan menghilangkan jatah mereka.

“Kalau tetap berlangsung, maka jatah pegawai K2 akan hilang,” tandas Musa Nurue.

Akhirnya terjadi perdebatan dengan panitia. Namun bisa diamankan oleh Satpol PP yang bertugas untuk menjaga dan mengamankan lokasi tes CPNS.

Panitia kemudian menghentikan sementara proses tes, dan melakukan koordinasi dengan Sekda Mansur Tuharea dan Kepala BKD untuk meminta arahan.

Sekda lalu meminta penanggung jawab aksi protes Musa Nurue untuk bertemu dengan Bupati Timotius Akerina di ruang kerjanya.

Dari pertemuan itu, disepakati tes tetap berlangsung untuk 113 pegawai kontrak tahun 2010.

“Ini tidak bisa dihalangi apalagi dihentikan. Ini program nasional untuk seluruh Indonesia,” tandas Tuharea di hadapan pegawai honorer K2.

Tuharea mengatakan, Bupati berjanji dalam waktu dekat akan ke Jakarta untuk berkoordinasi dengan Kementerian PAN-RB guna mencari solusi yang terbaik.

Musa Nurue kepada massa pegawai honorer K2 juga menambahkan, kuota untuk tes bagi honorer K2 belum dibuka oleh pemerintah pusat.

Penjelasan Nurue justru mendapat kecaman dan mosi tidak percaya terhadap Nurue dari pegawai honorer K2 yang selama ini mempercayakan dirinya untuk memperjuangkan nasib mereka di Jakarta kepada pemerintah pusat dan DPR RI. Raut wajah mereka terlihat marah dan kecewa.

Namun akhirnya tes seleksi CPNS bagi 113 tenaga kontrak tahun 2010 berlangsung dengan aman, tertib dan lancar dengan pengamanan Satpol PP. (ZI-14)

%d blogger menyukai ini: