Lapas Ambon Kembali Panen Jagung Hasil SAE Warga Binaan

ZonaInfo.id, Ambon – Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Ambon kembali melakukan panen kedua jagung yang dikelolah pada Sarana Asimilasi Edukasi (SAE).

Jagung merupakan tanaman pangan yang mengandung karbohidrat tinggi. Panen dilakukan pada Sabtu (18/9/2021). Jagung menjadi tanaman unggulan dalam program pembinaan yang dilakukan Lapas Ambon.

La Ode Maliki Djami, Kepala Seksi Kegiatan Kerja mengungkapkan, panen jagung kali ini merupakan panen kedua setelah sebelumya panen pertama pada 30 Agustus 2021 lalu.

“Ahamdulillah, kami kembali melaksanakan panen untuk kedua kalinya pada SAE warga binaan. Panen kali ini dibantu sejumlah warga binaan asimilasi yang mengelolah SAE serta jajaran kegiatan kerja,” jelas La Ode.

Hasil panen kedua ini akan didistribusikan pada dapur Lapas untuk menjadi lauk pada Panduan Modul Bahan Makanan (BAMA) warga binaan, dan akan dinikmati bersama petugas dan warga binaan.

Kepala Lapas Kelas IIA Ambon, Saiful Sahri mengungkapkan, panen kedua jagung ini menjadi bukti bahwa Lapas Ambon bersama warga binaan berhasil mengelolah Sarana Asimilasi Edukasi (SAE) bidang agrobisnis.

“Ini menjadi bukti bahwa proses pembinaan khususnya kemandirian bagi narapidana di Lapas Ambon berhasil yang dibuktikan dengan panen tanaman jagung tersebut,” kata Saiful Sahri.

Dengan melihat dampak positif yang diberikan dalam pembinaan kemandirian SAE,  mantan Kalapas Piru ini menekankan akan mengoptimalikasikan SAE bagi warga binaan.

“Kegaitan agrobisnis pada SAE warga binaan akan kita optimalkan, setelah jagung nantinya kita akan kembali melakukan penanaman tanaman sayuran jenis lain yang pastinya memiliki nila ekonomis yang baik,” ujarnya. (ZI-15)

%d blogger menyukai ini: