Bupati Safitri Harap Aksi Clean Up dan Pilah Sampah Jadi Kegiatan Rutin

ZonaInfo.Id, Namrole – Bupati Buru Selatan (Bursel), Hj. Safitri Malik Soulisa dan Wakil Bupati Gerson Eliaser Silsily bersama komunitas peduli lingkungan melakukan aksi clean up dan pilah sampah dari rumah.

Aksi yang dimotori oleh World Cleanup Day Indonesia (WCDI) Bursel, KNPI dan Dinas Lingkungan Hidup itu dipusatkan di sepanjang pantai Desa Lektama, Kota Namrole, Sabtu (18/9/2021).

Bupati Safitri Malik Soulisa kepada awak media mengatakan, aksi clean up dan pilah sampah dari rumah akan menjadi kegiatan rutin dengan dibantu para pemuda dan komunitas lingkungan lainnya.

“Kita akan mencoba bagaimana melestarikan lingkungan di daerah ini. Prinsipnya kita ingin ada perubahan yang lebih baik khususnya terkait lingkungan,” ujar Bupati.

Dirinya bersama dengan semua komunitas yang peduli dengan lingkungan dan pemerintah daerah menaruh perhatian serius terhadap kebersihan dan pelestarian lingkungan.

“Bukan saja Pemda tetapi juga pemuda. Merekalah yang akan jadi polisi lingkungan dimana saja berada tanpa harus dikomando, karena kita mencintai daerah ini dan ingin hidup sehat,” tutur Safitri.

Bupati perempuan pertama ini berharap, masyarakat sadar dengan tidak lagi membuang sampah sembarangan.

Daerah Buru Selatan, kata Safitri, rawan bencana. Sehingga semua unsur harus berupaya untuk terus menjaga ekosistim alam.

“Dengan adanya partisipasi masyarakat, Pemda merasa ini bukan saja tanggung jawab pemerintah semata. Namun ini harusnya menjadi tanggung jawab camat dan juga para kades, tanpa harus disurati karena ini bagian wilayah mereka,” ujar Bupati.

Leader WCDI Bursel, Siti Hajar Mahulette mengatakan, aksi bersih sampah ini didukung penuh oleh Pemda Bursel. Hal ini dapat dilihat dari parsipasi Pemda dalam mengikuti aksi pilah sampah dari rumah ini.

WCDI menyampaikan terima kasih atas kerjasama dan partisipasi semua pihak yang turut mensukseskan aksi ini.

“Kegiatan ini serentak dilaksanakan di 187 negara, termasuk 34 Provinsi Indonesia dengan diikuti 13 juta relawan. Untuk aksi kali ini bertemakan, Bersatu Untuk Indonesia Merdeka dari Sampah,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua Caretaker KNPI Bursel, M. Kasim Latuconsina mengapresiasi aksi yang dilaksanakan oleh WCDI Bursel serta komunitas peduli lingkungan di daerah ini.

“Kegiatan WCDI tahun ini merupakan salah satu kegiatan yang positif, karena ini merupakan bentuk sumbangsih seluruh elemen untuk kepentingan masa depan agar daerah ini bebas dari sampah,” pungkas Latuconsina. (ZI-11)

%d blogger menyukai ini: