Ikut Program Kampus Merdeka, Mahasiswa Harus Diberi 20 SKS

ZonaInfo.id, Jakarta – Para rektor perguruan tinggi diminta untuk memberikan 20 satuan kredit semester (SKS) kepada mahasiswa yang tergabung program Kampus Merdeka.

Permintaan ini disampaikan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbud Ristek) Nadiem Makarim saat Peluncuran Program Kampus Merdeka Pejuang Muda, Jumat (17/9/2021).

Nadiem menilai, banyak mahasiswa yang mengikuti program terkait Kampus Merdeka namun tertinggal akibat sulit mendapatkan SKS.

“Kalau mahasiswa-mahasiswa masuk dalam program-program yang sudah di-approve oleh Ditjen Dikti, anak itu wajib diberikan 20 SKS dan tidak boleh berdampak kepada jangka waktu kelulusan ini,” kata Nadiem, seperti dikutip dari Kompas.com.
Nadiem berharap mahasiswa yang mengikuti program Kampus Merdeka tidak terlambat lulus karena mengalami kekurangan SKS di kampus. “Tidak boleh berdampak kepada jangka waktu kelulusan ini,” ucap dia.

Nadiem mengatakan, program-program terkait Kampus Merdeka telah dikurasi oleh Kemendikbud Ristek serta memiliki berbagai manfaat bagi mahasiswa dan masyarakat.

Ia juga menilai program-program tersebut sudah dipastikan memiliki nilai kompetensi, diantaranya entrepreneurship, kemandirian, kreativitas, gotong-royong, spiritualitas dan moralitas.

“Program-program yang sudah diapprove oleh Dikti itu statusnya dia bypass dari pada prodinya itu. Sudah dikurasi program-program seperti programnya Kemensos ini,” ujar Nadiem.

Diketahui, Kemensos menggandeng Kemendikbud Ristek baru saja meluncurkan Program Kampus Merdeka Pejuang Muda secara virtual, Jumat (17/9/2021).

Program tersebut diharapkan dapat menghasilkan mahasiswa yang dapat memberikan solusi tepat dalam rangka mengentaskan kemiskinan di Indonesia.

Sementara itu, Kampus Merdeka ini merupakan salah satu program dari Konsep Merdeka Belajar yang diluncurkan Mendikbud Ristek Nadiem Makarim. Program Kampus Merdeka memberikan hak kepada mahasiswa untuk mengambil mata kuliah di luar prodi dan melakukan perubahan definisi SKS.

Kampus Merdeka berupaya membuat proses pembelajaran di perguruan tinggi menjadi lebih otonom dan fleksibel.

“Ini tahap awal untuk melepaskan belenggu agar lebih mudah bergerak. Kita masih belum menyentuh aspek kualitas. Akan ada beberapa matriks yang akan digunakan untuk membantu perguruan tinggi mencapai targetnya,” kata Nadiem dalam acara Peluncuran program Kampus Merdeka di rapat koordinasi kebijakan pendidikan tinggi di Gedung D kantor Kemendikbud, Jakarta, Jumat (24/1/2020). (*)

%d blogger menyukai ini: