Ragam

Pencarian 25 ABK KM Hentri Dilanjutkan, Cuaca Buruk Jadi Penghambat

ZonaInfo.ID, Ambon – Hingga hari kelima pencarian 25 ABK KM Hentri yang hilang belum membuahkan hasil. Pencarian Kembali dilanjutkan oleh tim gabungan Basarnas.

Kepala Kantor Basarnas Ambon, Mustari mengaku, cuaca buruk menghambat proses pencarian para korban.

“Ops SAR hari keenam hari ini dilanjutkan. Namun Tim Gabungan dari Basarnas Pos SAR Tual dan Unsur Potensi SAR masih distandbykan mengingat masih buruknya cuaca,” jelas Mustari, Senin (13/9/2021).

Sementara 5 korban yang selamat, kata Mustari, masih berada di Polres Maluku Tenggara guna penyelidikan lebih lanjut terkait terbakarnya KM Hentri.

Ia menambahkan, KP 3002 Teluk Ambon milik Polairud Polda Maluku yang bertolak dari Kapulauan Aru menuju Kota Ambon tiba pada pukul 02.30 WIT dinihari langsung melakukan penyisiran di area terbakarnya KM Hentri. Namun hasilnya nihil.

“Kapal selanjutnya melanjutkan perjalanan kembali ke Kota Ambon untuk proses docking,” jelas Mustari.

Untuk diketahui, KM Hentri  dilaporkan terbakar di tengah laut antara Pulau Molu, Kepulauan Tanimbar dan Pulau Tanimbar, Kabupaten Maluku Tenggara.

Sebanyak 32  ABK berusaha menyelamatkan diri dengan cara melompat ke laut. Dua orang ABK tewas terjebak di dalam kapal, 5 orang ABK berhasil selamat, dan 25 orang lainnya dinyatakan hilang.

Kapal penangkap cumi ini berangkat dari Pelabuhan Muara Angke Jakarta hendak menuju Merauke, Provinsi Papua pada 15 Agustus 2021.

Sesampai di perairan Kepulauan Tanimbar sekitar 50 Mil antara Perairan Kepulauan Tanimbar dan Pulau Tanimbar, Kabupaten Maluku Tenggara  kapal diterjang gelombang setinggi 3 meter sehingga mengalami guncangan hebat dan muncul asap hitam tebal dan kobaran api dari dalam kapal. (ZI-15)