Kota

Program Wajar Dua Jam Pemkot Ambon Dimulai Jumat Ini

ZonaInfo.id, Ambon – Program jumpa rakyat (Wajar) dua jam yang digagas Pj. Wali Kota Ambon, Bodewin M. Wattimena akan dimulai Jumat ini.

Melalui inovasi yang dilakukan ini masyarakat bisa menyampaikan aspirasi secara langsung kepada Pj. Wali Kota.

“Program Wajar akan dilakukan setiap Jumat hari kerja, selama dua jam dimulai pukul 08.00 sampai dengan pukul 10.00 di teras Balai Kota, nanti didampingi oleh seluruh pimpinan OPD yang terkait dengan pelayanan publik,” jelas Juru Bicara Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon, Joy Adriaansz, dalam keterangan pers di Media Center Balai Kota, Senin (15/8/2022).

Joy yang juga Kadis Kominfo dan Persandian menjelaskan, dalam program Wajar, Pj. Wali Kota membuka kesempatan kepada masyarakat untuk bisa bertemu tatap muka dan menyampaikan laporan, pengaduan, atau aspirasi.

“Masyarakat diberikan diberikan kesempatan untuk bisa bertatap muka langsung menyampaikan aspirasi, untuk itu mohon bantuan dari teman-teman media untuk bisa menyampaikan informasi ini kepada seluruh masyarakat,” ujarnya.

Dikatakan, program ini menyasar masyarakat Kota Ambon yang mungkin memiliki keluhan terkait pelayanan publik, namun enggan menyampaikan langsung karena terkendala waktu, dan aturan administratif di Balai Kota

“Jadi masyarakat yang berprofesi sebagai PKL, pengayuh becak, atau pengojek,  dengan pakaiannya selayaknya dan tidak harus memakai sepatu, dia pakai sendal tidak masalah, yang penting sesuai dengan tata krama kita sebagai masyarakat Kota Ambon untuk datang sampaikan aspirasi kepada Pj. Wali Kota,” ujarnya.

Joy melanjutkan, dalam program ini, semua keluhan, aduan, atau aspirasi yang disampaikan akan ditanggapi oleh Pj. Wali Kota, dan ditindaklanjuti oleh pimpinan OPD yang mendampingi.

“Mungkin ada aspirasi terhadap kondisi lingkungan atau hal-hal lain diberi kesempatan untuk disampaikan informasi tersebut kepada Pj.Wali Kota dan selanjutnya langsung ditangani OPD terkait,” bebernya.

Salah satu tujuan dari program ini, lanjutnya, adalah mengurangi keluhan masyarakat lewat media sosial yang seringkali bias dan tidak tepat sasaran.

Selain datang langsung ke Balai Kota, dirinya juga mendorong masyarakat untuk memanfaatkan kanal-kanal pengaduan baik lewat SMS 1708 atau Whatsapp ke Nomor 081 1470 6999.

Joy menambahkan, Program Wajar Dua Jam tidak hanya dilakukan di Balai Kota, tapi seluruh kantor pemerintah dari Kecamatan hingga Desa/Negeri dan Kelurahan.

“Jadi tiap Jumat, kecuali jika hari libur itu berarti tidak dilaksanakan. Program ini dilakukan juga di setiap kantor-kantor pemerintah yang ada di luar Balai Kota, harapannya, masyarakat bisa memiliki kesempatan untuk bertemu dengan pemangku kepentingan yang bertanggung jawab terhadap pelayanan publik di kota ini,” pungkasnya. (ZI-10)