Kota

Toisutta Minta Pimpinan OPD Serius Tindak Lanjuti Keluhan Masyarakat

ZonaInfo.id, Ambon – Wakil Wali Kota Ambon, Ely Toisutta meminta Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) serius tindak lanjuti keluhan masyarakat.

“Jangan hanya bilang nanti kita turun, nanti katong ini itu, apa yang disampaikan itu yang harus dijadikan perhatian,” tandas Toisutta dalam Program Wali Kota Wakil Wali Kota Jumpa Rakyar (WAJAR), Jumat (18/7/2025), di Balai Kota.

Saat itu, Toisutta merespons keluhan salah seorang warga Waihaong yang meminta agar pohon di area Waihaong segera ditebang.

“Waktu itu beta dengan pak Wali jalan selesai berkunjung di Waihaong, lalu masyarakat di situ minta, kalau bisa pohon-pohon di area Waihaong itu ditebang,” ujarnya.

Ia memerintahkan Kadis DLHP memotong pohon-pohon tersebut,  jangan hanya memangkas ranting-ranting yang bergelantungan.

“Kita takut jika ada angin kencang, masyarakat bisa terkena bahaya untuk masyarakat yang berjualan di bawah pohon-pohon itu,” tandas Toisutta.

Ia meminta Kadis DLHP agar usai kegiatan WAJAR, hal itu bisa ditindaklanjuti.

Soal insentif Marbot yang juga disampaikan warga Waihaong tersebut, Toisutta mengarahkannya untuk membicarakan dengan bagian Kesra.

Toisutta juga menanggapi aspirasi warga lainnya terkait informasi yang beredar soal ikan yang tercemar merkuri di Pasar Mardika.

“Selama itu belum dikeluarkan oleh lembaga resmi yang menyatakan bahwa ada bahan pokok yang tercemar mercuri. Beta kira bapak ibu tidak usah khawatir soal itu pemerintah di sini hadir untuk melindungi masyarakat,” tegas Toisutta.

Lanjutnya, jika ada berita sepihak oleh oknum yang tidak bertanggung jawab mengenai kebenarannya, masyarakat tidak usah khawatir.

Staff Dinas Perikanan juga menambahkan kalau Kepala Dinas Perikanan telah melakukan koordinasi dengan Badan Karantina dan Pembinaan Mutu Hasil Perikanan di Waiheru dan BPOM Ambon.

“Mereka pun tidak tahu asal usul berita yang beredar itu dari mana,” ujarnya.

Usai kegiatan WAJAR, Toisutta kepada wartawan mengatakan Pemerintah Kota berusaha semaksimal mungkin untuk menindaklanjuti keluhan masyarakat.

“Kami berusaha semaksimal mungkin, untuk bisa menjawab apa yang menjadi kebutuhan mereka, tetapi kalau belum bisa dilaksanakan pasti ada koordinasi-koordinasi secara teknis yang akan dilakukan. Kalaupun itu bisa dijawab akan ada perencanaan lebih dahulu untuk menjawab kebutuhan masyarakat tersebut,” ujarnya.

Lanjutnya, Pemerintah Kota berupaya selalu hadir untuk menjawab dan menindak lanjuti keluhan dan masalah di masyarakat.

Toisutta mengingatkan masyarakat untuk hadir tepat waktu di WAJAR, yaitu pukul 08.00-10.00 WIT agar bisa dilayani dengan baik.

“Kita juga masih punya kegiatan-kegiatan lain yang dikerjakan, kalaupun ada yang datang lewat dari jam 10 nanti ditunda lagi untuk minggu berikutnya. Jadi jam untuk menerima masyarakat itu, batasnya jam 10 pagi,” ujarnya.

Hadir dalam kegiatan WAJAR hari ini, Penjabat Sekkot Ambon Robby Sapulette, serta para pimpinan OPD lingkup Pemkot Ambon. (ZI-21)

Tinggalkan Balasan