Kota

Telkomsel dan Pemkot Ambon Kerja Sama Digitalisasi Pelayanan Publik

ZonaInfo.id, Ambon – Pemkot Ambon dan PT. Telkomsel melakukan kerja sama mewujudkan digitalisasi pelayanan publik yang lebih baik.

Penjabat Wali Kota Ambon, Bodewin M. Wattimena menerima kunjungan Vice President Area Account Management, PT. Telkomsel, Samuel Passaribu, Jumat (22/3/2024) di Balai Kota untuk membahas hal itu.

Turut mendampingi Penjabat Wali Kota, Asisten III Setda Robby Sapulette dan Plt. Kepala Dinas Kominfo dan Persandian, Ronald H. Lekransy.

Sementara dari PT Telkomsel, turut hadir Head of Regional Enterprise Account Management Papua Maluku Telkomsel, Aswin Farist serta Officer Regional Enterprise Account Management Tekomsel Papua Maluku, Risky Septianda.

Wattimena dalam sambutannya mengatakan Kota Ambon saat ini menuju kota pintar, dimana kota ini masuk salah satu dari 100 Smart City di Indonesia, sehingga digitalisasi dalam pelayahan publik harus diwujudkan.

“Telkomsel sudah bergerak di digitalisasi dan banyak hal dibuat tentunya dapat membantu Pemkot dalam upaya memajukan kota ini,” ujarnya.

Selain kerja sama yang telah dilakukan dengan Dinas Kominfo dan Persandian Kota Ambon, Wattimena

berharap ada hal-hal lain yang dapat ditingkatkan sehingga Pemkot Ambon dapat semakin responsif dalam melayani masyarakat.

Terkait layanan CCTV, Tapping Box, Integrasi Sistem Perizinan pada Mall Pelayanan Publik, hingga Videotron menjadi peluang yang dapat dikerjasamakan dengan Telkomsel.

“Ada banyak yang kita lakukan kerja sama dengan berbagai pihak, terutama untuk bagaimana meningkatkan publik di Kota Ambon, yang menjadi komitmen kita bersama, karena semua itu berkaitan dan berbasis pada internet,” tandasnya.

Passaribu mengaku yakin bahwa Kota Ambon dapat menjadi pionir Indonesia Timur dalam hal digitalisasi.

“Setelah saya kunjungi Kota Ambon dapat menjadi pionir Indonesia Timur dalam hal  digiltalisasi pelayanan publik, kami dari PT. Telkomsel siap mendukung seluruh program dan rencana yang dilakukan Pemkot Ambon bagaimana mewujudkan pelayanan publik lebih baik lagi melalui cara-cara digital,” ujarnya.

Ia menjelaskan saat ini layanan Telkomsel yang digunakan oleh Pemkot Ambon ada tiga yakni Omni Channel, Call Center, dan SMS Broadcast.

Telkomsel juga menawarkan layanan lain. Misalnya Smart CCTV yang dapat memberikan alert atau warning kepada bagian terkait, juga layanan Smart Tax atau pajak digital secara real time guna meningkatkan akurasi penerimaan dan mengurangi kebocoran Penerimaan Asli Daerah (PAD).

“Selain hal-hal itu, tentunya kami sebagai penyedia seluler dapat memberi jaminan pelayanan Telkomsel secara covcerage, dapat menjangkau seluruh kota Ambon, sehngga ketika Pemkot ingin menghadirkan solusi digital dapat menggunakan jaringan yang handal,” tandasnya.

Passaribu berharap masyarakat Kota Ambon mendapatkan layanan terbaik dari Telkomsel, sebab apapun yang dilakukan oleh Pemkot Ambon, yang akhirnya menikmati adalah masyarakat Ambon sendiri.

“Melalui cara-cara Digital dari Telkomsel, Pemkot dapat meninkmati layanan terbaik, dan dapat pula memberikan layanan terbaik bagi masyarakat,” ujarnya. (ZI-21)