
Unpatti Gandeng Angkasa Pura Ambon Training Cleaning Service
ZonaInfo.id, Ambon – Universitas Pattimura menggandeng PT. Angkasa Pura Indonesa Cabang Ambon melaksanakan Training Cleaning Service, Jumat (24/10/2025) di Aula Universitas setempat.
Wakil Rektor Universitas Pattimura Bidang Keuangan dan Umum, Prof. Dr. Pieter Kakisina, S.Pd., M.Si, dalam sambutannya menekankan pentingnya mengubah paradigma masyarakat terhadap profesi Cleaning Service, khususnya di bidang pertanian dan agro.
Kakisina mengungkapkan selama ini pekerjaan Cleaning Service kerap dipandang rendah oleh sebagian masyarakat. Padahal, pekerjaan tersebut memiliki peran penting dan membutuhkan dedikasi tinggi.
“Pekerjaan Cleaning Service sering dianggap sebagai pekerjaan kelas bawah, terutama di bidang agro. Pandangan ini sudah menjadi budaya sejak lama dan harus kita ubah,” ujarnya.
Lanjutnya, persepsi semacam itu merupakan warisan dari masa kolonial, yang secara tidak langsung memengaruhi cara pandang masyarakat terhadap profesi-profesi tertentu.
Ia menegaskan dalam bekerja, setiap individu harus mengedepankan keikhlasan, loyalitas, dan tanggung jawab agar pekerjaan yang dilakukan dapat menghasilkan capaian yang baik dan maksimal.
Kakisina menilai, kinerja petugas cleaning service Bandara Internasional Pattimura Ambon sangat baik dan rapi dalam menjalankan tugas, khususnya bagi petugas yang bertugas di area toilet. Para petugas tersebut dinilai sigap dan selalu siaga menjaga kebersihan serta kerapian lokasi. Hal ini, merupakan contoh positif yang perlu diadopsi dan diterapkan oleh para peserta di lingkungan Universitas Pattimura.
Kakisina menuturkan pengalamannya saat berada di Belanda, dimana standar kebersihan dan kedisiplinan masyarakat tercermin dari hal-hal kecil, seperti penataan rumah dan kebersihan lingkungan.
“Di Belanda, setiap rumah baik milik orang kaya maupun sederhana memiliki toilet yang bersih dan terletak di bagian depan rumah. Hal ini mencerminkan budaya kebersihan dan tanggung jawab pribadi. Kita perlu meniru semangat itu, karena kebersihan dan kerapian adalah wujud penghormatan terhadap pekerjaan dan lingkungan,” tandasnya.
Ia mengajak seluruh sivitas akademika untuk tidak memandang remeh profesi apa pun, melainkan bekerja dengan integritas, tanggung jawab, dan semangat professional serta dapat mengikuti kegiatan tersebut dengan baik sehingga kedepanya peserta dapat teredukasi serta membawa perubahan dalam pekerjaan di Unpatti.
Perwakilan Branch Manager PT. Angkasa Pura Commercial Staff PT. Angkasa Pura Cabang Ambon Friska Kurung dalam sambutannya menyampaikan pelatihan ini diharapkan menjadi momentum bagi seluruh peserta untuk menambah pengetahuan dan memperkuat nilai-nilai pelayanan prima di lingkungan kerja masing-masing.
“Semoga kegiatan ini memberikan manfaat besar bagi seluruh peserta, menambah ilmu dan wawasan, serta membantu mengubah pola pikir dalam memberikan pelayanan yang terbaik. Kami ingin agar semangat service excellence benar-benar terwujud dalam setiap tugas yang dijalankan,” jelasnya.
Friska Kurung jmenegaskan pentingnya menjadikan pelatihan ini sebagai wadah untuk belajar, berbagi pengalaman, dan memperluas pengetahuan guna meningkatkan kualitas pelayanan publik.
“Manfaatkanlah kesempatan ini untuk saling bertukar pikiran dan memperdalam pemahaman tentang pentingnya pelayanan yang ramah, cepat, dan berkualitas. Dengan begitu, setiap insan di lingkungan Universitas Pattimura dapat menjadi contoh penerapan pelayanan prima di dunia pendidikan,” tambahnya.
Kegiatan yang berlangsung hingga 25 Oktober ini dilanjutkan dengan pemberian materi oleh trainer dari Pihak Angkasa Pura terkait dengan peningkatan pengetahuan tentang keterampilan, dan sikap profesional sebagai seorang Clening Service. (ZI-21)
