Kementan Serahkan Sejumlah Bantuan Untuk Maluku, APIP dan APH Diminta Jaga Pangan

ZonaInfo.id, Ambon – Kementerian Pertanian (Kementan) RI menyerahkan sejumlah bantuan kepada Provinsi Maluku.

Bantuan diserahkan Inspektur Jenderal Kementan, Jan Samuel Maringka, disela-sela Rapat Koordinasi Pengawasan (Rakorwas) Bidang Ketahanan Pangan Provinsi Maluku, Kamis, (24/11/2022) di lantai 5 Hotel Santika.

Bantuan tersebut diantaranya peremajaan tanaman kelapa 100 hektar, perluasan tanaman pala 300 hektar, prasarana fasilitas pengolahan sagu 2 unit, sarana fasilitas pengolahan sagu 3 unit dan rehabilitasi tanaman cengkeh 100 hektar.

Rakorwas yang mengusung tema “Sinergi APIP dan APH Membangun Pertanian Maju, Mandiri dan Modern” itu, dibuka Gubernur Maluku Murad Ismail yang ditandai dengan pemukulan tifa secara bersamaan dengan Inspektur Jenderal Kementan, Jan Samuel Maringka.

Gubernur dalam sambutannya mengatakan Provinsi Maluku telah berupaya untuk terus mengembangkan potensi pangan yang dimiliki, baik pangan strategis maupun pangan lokal melalui upaya pengelolaan sumber daya alam yang berkelanjutan.

“Dalam upaya mengatasi dan mengendalikan inflasi khususnya bahan pangan, kami telah melakukan langkah-langkah pengendalian melalui pencanangan gerakan tanam Cabai dan Bawang Merah, stabilisasi harga pangan dengan melaksanakan operasi pasar serta memastikan kelancaran produksi dan distribusi bahan pangan,” ujarnya.

Inspektur Jenderal Kementan, Jan Samuel Maringka mengatakan dalam pembangunan pertanian di daerah diperlukan adanya kolaborasi dan sinergi yang efektif antara Kementerian Pertanian Pusat khususnya Aparatur Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) dengan pihak Pemerintah Daerah serta dengan unsur Aparat Penegak Hukum (APH) di daerah.

“Dengan adanya kolaborasi dan sinergi tersebut diharapkan kegiatan Kementan di daerah dapat berjalan dengan baik, sesuai dengan aturan, serta mencapai tujuan yang diharapkan, sehingga ketahanan pangan dapat terwujud,” ujar Maringka.

Oleh karena itu, Maringka mengajak APIP dan APH di daerah secara bersama membentuk komitmen untuk menjaga pangan sehingga ke depan kontribusi sektor pertanian dapat terus meningkat.

Pembukaan Rakorwas Bidang Ketahanan Pangan ini turut dihadiri anggota DPR RI Saadiah Uluputty, Kepala Kejaksaan Tinggi Provinsi Maluku Edyward Kaban, Rektor Unpatti M. J. Saptenno, Perwakilan Pemerintah Provinsi Maluku, BPKP Perwakilan Maluku, Kepala UPT lingkup Kementan di Provinsi Maluku, Wakapolda, Penjabat Sekda Maluku Sadali Ie dan undangan lainnya.

Sebagai informasi, Inspektorat Jenderal Kementerian Pertanian melakukan rangkaian kunjungan kerja, 23-24 November 2022 dengan stakeholders se-Provinsi Maluku untuk monitoring dan evaluasi bersinergi mewujudkan Ketahanan Pangan. (ZI-10)

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: