Parlementaria Maluku

DPRD Maluku Harap Popmal Berjalan Sukses

ZonaInfo.id, Ambon – Wakil Ketua DPRD Provinsi Maluku, Melkianus Sairdekut mengharapkan perhelatan Pekan Olahraga Provinsi Maluku (Popmal) IV tahun 2022 berjalan sukses.

“Pelaksanaan Popmal diharapkan sukses prestasi dan sukses sebagai penyelenggara,” kata Sairdekut di Balai Rakyat Karang Panjang Ambon, Kamis (17/11/2022).

Menurutnya Popmal dapat menumbuhkan semangat para insan olahraga dalam memajukan dunia olahraga di Maluku.

Sairdekut memberikan apresiasi terhadap arahan Ketua Umum KONI Maluku, Murad Ismail soal sukses penyelenggaraan dan sukses prestasi.

”Jangan lupa sukses administrasi pertanggungjawaban anggaran,” ujarnya.

Perhelatan Popmal IV dibuka Ketua Umum KONI Pusat, Marciano Norman, yang berlangsung di Tribun Lapangan Merdeka Ambon tadi pagi.

Popmal akan digelar di Kota Ambon 17-27 November. Sebanyak 17 cabang olahraga akan dipertandingkan, diantaranya atletik, basket, tinju, panahan, tenis meja, karate, sepeda, futsal, catur, panjat tebing, kempo, wushu, sport, volley dan taekwondo.

Pembukaan ditandai dengan pemukulan tifa oleh Ketum KONI Pusat, bersama Gubernur Murad Ismail selaku Ketua KONI Provinsi Maluku dan Forkopimda Maluku.

Kepada para wasit, juri, dan penyelenggara pertandingan Gubernur berpesan, tegakan keadilan dan kejujuran, serta berikan penilaian secara objektif.

Sedangkan kepada para atlet, Gubernur meminta untuk tunjukan sportivitas dan profesionalisme dalam bertanding.

Gubernur juga meminta suporter dan pendukung menunjukan sikap kebersamaan, hindari perselisihan dan perkelahian.

Kepada para Bupati dan Wali Kota Gubernur mengharapkan terus melakukan pembinaan dan pengembangan olahraga di daerah masing-masing, sebagai wujud keberlanjutan pengembangan olahraga di Maluku.

Gubernur juga mengharapkan kepada penyelenggara dapat melaksanakan tugas dengan penuh tanggung jawab, untuk mencapai sukses dalam pelaksanaan, sukses prestasi, dan sukses administrasi.

Sementara itu, Ketum KONI Pusat, Marciano Norman mengatakan, Maluku daerah yang luar biasa muncul kembali di ajang olahraga, diharapkan kedepan melahirkan atlet Maluku yang menjadi kebanggaan Indonesia.

“Saya berharap muncul kembali atlet legenda Maluku seperti petinju legendaris dari Maluku,” ujarnya.

Ia juga berharap di PON Sumatera Utara nanti Maluku akan lebih baik daripada saat di Papua.

Norman mengajak untuk bersama menjunjung tinggi sportivitas. Para hakim juri sebagaimana harapan Gubernur melakukan yang seadil-adilnya sehingga para atlet mencapai prestasi yang setingi-tingginya.

“Bicara olahraga itu kita bicara Merah Putih. Olahraga itu pemersatu bangsa. Oleh karena itu, mari kita tingkatkan persatuan dan kesatuan melalui event-event olahraga,” tandas Norman.

Pembukaan Popmal dimeriahkan berbagai atraksi marching band dan parade defile kontingen masing-masing kabupaten/kota.

Obor sebagai tanda dimulainya Popmal dinyalakan Vera Melisa Hetaria, atlet asal Kota Ambon dan Moh. Yamin Rahayaan, atlet Kempo asal Kabupaten Seram Bagian Barat.

Hadir Forkopimda Provinsi Maluku, para Bupati/Wali Kota serta Forkopimda kabaupaten/kota se-Maluku. (ZI-10)