Ragam

Gempa Magnitudo 3,3 Guncang Saparua, Terasa di Ambon 

ZonaInfo.id, Ambon – Gempa bumi tektonik magnitudo 3,3 menguncang Pulau Saparua, Maluku Tengah, Selasa (1/11/2022) pukul 07:35:47 WIT.

Kepala Stasiun Geofisika Ambon Djati Cipto Kuncoro, S.Si menjelaskan dari hasil analisis BMKG menunjukan gempabumi ini memiliki kekuatan M=3.3.

Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 3.83 LS dan 128.55 BT, atau tepatnya berlokasi di laut 30 km Selatan Saparua pada kedalaman 12 km.

“Jenis dan mekanisme Gempa bumi dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter. Gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas sesar lokal,” kata Kuncoro.

Ia mengaku dampak gempa bumi berdasarkan informasi dari masyarakat dirasakan di Ambon I-II MMI.

“Di daerah tersebut, guncangan gempa bumi dirasakan oleh beberapa orang, saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut,” ungkapnya.

Selain itu hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami.

Hingga pukul 07:50 WIT, hasil monitoring BMKG belum menunjukan adanya aktivitas gempa bumi susulan (aftershock).

BMKG mengimbau kepada masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya, serta menghindari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa.

“Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali kedalam rumah,” ujar Kuncoro.

Ia juga meminta masyarakat untuk memastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi. (ZI-10)