Ragam

Lantik 521 Guru P3K, Gubernur Ingatkan Tiga Tugas Utama

ZonaInfo.id, Ambon – Gubernur Maluku, Murad Ismail melantik dan mengambil sumpah 521 Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K) fungsional guru tahap I dan II di Lingkungan Pemerintah Provinsi Maluku, Senin (10/10/2022) di Gedung Islamic Center.

Pelantikan tersebut berdasarkan Keputusan Gubernur Maluku Nomor 571 tanggal 20 Juli 2022 tentang pengangkatan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K) Fungsional Guru di Lingkungan Pemprov Maluku.

Gubernur dalam sambutannya menyambut gembira atas pelantikan dan pengangkatan 521 guru tersebut sebagai P3K.

Ia menilai, pengangkatan ini adalah hasil kerja keras dan perjuangan serta doa yang dikabulkan Allah SWT, Tuhan yang Maha Kuasa.

“Saya mengucapkan selamat bergabung dalam jajaran birokrasi Pemerintah Provinsi Maluku,” ungkap Gubernur.

Ia mengatakan, kunci untuk menjadi negara maju terletak pada kualitas sumber daya manusia (SDM).

“Untuk mewujudkannya, maka pendidikan harus ditempatkan sebagai pilar utama karena kualitas SDM bangsa sangat ditentukan oleh kualitas pendidikan,” kata Gubernur.

Lanjutnya, ada tiga tugas utama yang diemban Aparatur Sipil Negara, yaitu melaksanakan kebijakan publik yang dibuat Pejabat Pembina Kepegawaian (Kepala daerah), memberikan pelayanan publik yang profesional dan berkualitas, serta mempererat persatuan dan kesatuan NKRI.

“Tugas inilah yang harus saudara-saudara pikul sebagai abdi negara dan masyarakat. Laksanakanlah amanah tersebut dengan tanggung jawab berlandaskan nilai dasar kode etik, dan kode perilaku sebagai ASN,” kata gubernur mengingatkan.

Masih kata Gubernur, guru memiliki tugas dan tanggung jawab untuk mempersiapkan SDM generasi bangsa dan daerah agar mereka siap menggapai cita-cita serta menghadapi tantangan dunia saat ini dan ke depan.

“Guru juga membekali mereka (generasi bangsa) dengan pendidikan karakter kompetensi dan literasi atau keterbukaan wawasan, agar menjadi generasi muda yang kompetitif, profesional, kreatif, mandiri dan berprestasi,” tandas Gubernur

Turut hadir dalam acara pelantikan Penjabat Sekda Maluku Sadali Ie, Kepala Dinas Pendidikan Insun Sangadji dan sejumlah pimpinan OPD lingkup Pemprov Maluku lainnya. (ZI-10)