Parlementaria Maluku

Banyak Masalah Yang Harus Ditangani, Penjabat Wali Kota Ambon Memikul Tanggung Jawab Berat

ZonaInfo.id, Ambon – Penjabat Wali Kota Ambon, Bodewin M. Wattimena memikul tanggung jawab yang berat. Banyak persoalan di Pemerintah Kota Ambon yang harus ditangani.

Wakil Ketua Komisi I DPRD Maluku, Jantje Wenno berharap Penjabat Wali Kota dapat membenahi berbagai persoalan yang melilit Pemkot Ambon saat ini.

“Boedwin Wattimena yang kini menjabat sebagai Penjabat Walikota Ambon masuk dalam suasana kota yang begitu terpuruk dengan adanya kasus yang saat ini ditangani oleh pihak KPK,” kata Wenno kepada ZonaInfo.id, Kamis (25/5/2022).

Menurut anggota DPRD Maluku dapil Kota Ambon ini, bukan pekerjaan yang mudah untuk membenahi persoalan yang dialami Pemerintah Kota Ambon saat ini selama kurang lebih 1 tahun kedepan.

“Kita kan tahu masalah yang datang pada pemerintah kota cukup banyak. Ada hutang pihak ketiga yang cukup besar. Ada juga hak-hak para pegawai yang juga belum bisa terselesaikan bahkan juga masalah sampah,” ungkapnya.

Olehnya itu Wattimena harus melakukan konsolidasi dengan pimpinan OPD dan ASN di jajaran Pemerintah Kota Ambon.

“Mari kita mendoakan semoga dalam masa kepemimpinan Bodewin Wattimena Kota Ambon akan lebih baik kedepannya,” ujar Wenno.

Anggota DPRD Provinsi Maluku dapil Kota Ambon lainnya, Edison Sarimanella berharap Boedwin Wattimena mampu melakukan perubahan dalam tata kelola pemerintahan.

“Tata kelola pemerintahan harus lebih baik. Penjabat Wali Kota perlu segera berkoordinasi dan melakukan konsolidasi internal dan perlu juga membangun sinergitas dengan DPRD sebagai representasi rakyat,” katanya.

Menurutnya, Pemerintah Kota Ambon harus fokus mengelola keuangan daerah dengan baik sehingga hal-hal yang menjadi kepentingan umum secepatnya diselesaikan. Apalagi masalah pendidikan, kesehatan dan lainnya yang menjadi kebutuhan dasar masyarakat Kota Ambon.

“Saya berharap Penjabat Wali Kota bisa menjawab semua kebutuhan masyarakat Kota Ambon,” tandas Sarimanella.

Seperti diberitakan, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian menetapkan Bodewin M. Wattimena sebagai Penjabat Wali Kota Ambon berdasarkan Keputusan Mendagri Nomor 131. 81-1165 Tahun 2022.

Selanjutnya Gubernur Maluku, Murad Ismail melantik Wattimena pada Selasa, (24/5/2022), di Tribun Lapangan Merdeka, Ambon. (ZI-10)