Kota

Wattimena Ajak ASN Pemkot Ambon Menatap Ke Depan

ZonaInfo.id, Ambon – Penjabat Wali Kota Ambon Bodewin M. Wattimena mengajak seluruh ASN di lingkup Pemerintah Kota Ambon untuk bersama menatap ke depan.

Wattimena berkomitmen tidak akan berpaling untuk melihat berbagai permasalahan di Pemerintah Kota Ambon. Sebab, banyak hal baik yang bisa dicapai bersama.

“Menjadi seorang pimpinan OPD tidak mudah karena harus melalui serangkaian proses karier yang panjang dan terukur. Oleh karena itu, saya tidak akan berpaling dan mundur ke belakang untuk sekedar melihat berbagai permasalahan yang ada, tetapi saya mengajak saudara-saudara untuk melangkah maju, menatap ke depan, karena ada banyak hal baik yang dapat kita gapai bersama,” tandas Wattimena saat berpidato dalam rapat paripurna istimewa dalam rangka serah terima jabatan, Rabu (25/5/2022).

Rapat berlangsung di Ruang Sidang Utama DPRD Kota Ambon yang dipimpin Ketua DPRD Kota Ambon, Ely Toisuta.

Bagi ASN yang masih ragu dan tidak berani melangkah, Wattimena menyarankan untuk sebaiknya mundur.

“Bagi saudara-saudara yang masih merasa ragu-ragu, tidak berani melangkah maju ke depan bersama saya, sebaiknya mundur, karena saya hadir ditugaskan oleh bapak Gubernur untuk menjadi pemimpin saudara-saudara guna bersama-sama memajukan Kota Ambon yang kita cintai,” ujarnya.

“Dalam kaitan dengan itu, maka kebijakan pembenahan dan penataan birokrasi akan kami lakukan pada waktunya, demi mewujudkan pemerintahan yang bersih dan berwibawa, atas dasar the right man on the right job bukan berdasarkan like and this like,” sambungnya.

Wattimena juga mengatakan sebagai warga negara yang baik dirinya tetap mendukung sepenuhnya proses penegakan hukum yang sementara dilakukan oleh KPK. Karena itu, ia meminta seluruh ASN Pemkot Ambon yang sementara menjalani proses pemeriksaan agar patuh dan taat kepada seluruh proses hukum yang  sementara berlangsung.

“Kondisi ini akan menjadi pelajaran berharga bagi kita semua  agar lebih berhati-hati dalam melakukan tugas dan tanggung jawab sebagai ASN,” tandasnya.

Pada sisi yang lain dampak dari permasalahan ini adalah kondisi psikologis ASN yang harus dikembalikan agar tidak takut dalam melaksanakan tugas. Tetap percaya diri dalam melaksanakan tugas penyelenggaraan pemerintahan sebagaimana mestinya dengan tetap mengacu kepada peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Terhadap hal ini dirinya akan melakukan konsolidasi internal di lingkup Pemkot Ambon.

“Saya juga ingin sampaikan kepada ASN Kota Ambon bahwa saya yakin terhadap kapasitas Bapak/ibu saudara-saudari,” ujarnya.

Wattimena memastikan akan melaksanakan tugas dan tanggung jawab sebagaimana tertuang dalam Surat Keputusan Mendagri dengan memperhatikan arahan Gubernur Maluku dalam sambutan yang disampaikan saat pengambilan sumpah/janji dan pelantikan penjabat kepala daerah di Tribun Lapangan Merdeka, Selasa (24/5/2022).

“Bapak Gubernur memerintahkan untuk melakukan konsolidasi internal terhadap jajaran birokrasi, membangun komunikasi, koordinasi dan kolaborasi dengan seluruh pihak, serta memerintahkan ASN di lingkup Pemkot Ambon untuk mendukung penuh kepemimpinan Penjabat Wali Kota Ambon,” ungkapnya.

Wattimena juga mengungkapkan ada 11 prioritas tugas yang akan dilakukan oleh dirinya sebagai Penjabat Wali Kota Ambon antara lain penyelenggaraan tugas-tugas pokok pemerintahan, memfasilitasi persiapan dan penyelenggaraan pemilihan Wali Kota dan Wakil Walikota yang akan direncanakan berlangsung secara serempak pada 2024 dan melakukan langkah-langkah guna menjaga netralitas ASN.

Sementara Wakil Gubernur Maluku Barnabas Orno dalam arahannya meminta penjabat Wali Kota agar menjalankan tugas pemerintahan sesuai amanat Mendagri secara baik.

Penjabat Wali Kota juga diminta semaksimal mungkin menurunkan angka kemiskinan terutama angka stunting dan mensejahterakan masyarakan serta pelestarian sumber daya alam.

Pelayanan kesehatan terutama penurunan  angka stunting dan pelayanan pendidikan, masalah sosial juga perlu mendapat perhatian serius Pemkot Ambon kedepanya

Salah satu tanggung jawab penting yang harus menjadi prioritas pejabat Wali Kota yaitu memperbaiki opini disclaimer yang diberikan BPK terhadap laporan keuangan Pemkot Ambon Tahun 2021.

Selain Wakil Gubernur Maluku, Barnabas Orno, hadir dalam rapat peripurna Sekkot Ambon Agus Ririmasse, Mantan Wakil Wali Kota Ambon Syarif Hadler, dan Forkopimda Kota Ambon. (ZI-10)