Kecamatan Teluk Ambon Gelar Musrenbang RKPD 2022

ZonaInfo.id, Ambon – Untuk membahas dan menyepakati usulan perencanaan kegiatan pembangunan di desa, negeri maupun kelurahan, Kecamatan Teluk Ambon menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2022, yang berlangsung di Kantor Camat Teluk Ambon, Kamis (24/2/2022).

Camat Teluk Ambon, Imelda Tahalele mengatakan, Musrenbang ini dilakukan juga untuk memprioritaskan wilayah kecamatan yang belum tercakup dalam kegiatan pembangunan yang ada di desa/negeri maupun kelurahan.

“Sehingga nantinya akan kita kelompokkan mana yang menjadi prioritas di wilayah kecamatan berdasarkan tugas dan fungsi dari SKPD terkait,” ujarnya.

Menurutnya, Musrenbang Kecamatan berfungsi sebagai forum untuk menghasilkan kesempatan antara pelaku pembangunan tentang rancangan RKPD yang menitikberatkan pada sinkronisasi rencana kerja antar SKPD dan antar pemerintah daerah dengan masyarakat.

“Ini tentunya harus sinkron sesuai dengan apa yang menjadi rencana di SKPD, juga tentunya rencana dari kita khususnya di pemerintah desa/negeri maupun kelurahan, yang bertujuan untuk mencapai sasaran yang diamanatkan dalam visi dan misi Pemerintah Kota Ambon,” tuturnya.

Oleh karena itu, melalui Musrenbang diharapkan akan menghasilkan perencanaan pembangunan yang berkualitas berdasarkan tuntutan prioritas yang mengakomodir aspirasi masyarakat dalam pelaksanaan pembangunan.

“Walaupun mungkin dalam pelaksanaannya masih ada usulan-usulan yang kita sampaikan belum bisa terealisasi, karena kita ketahui bersama bahwa kemampuan anggaran APBD daerah menjadi pertimbangan belum seluruhnya apa yang menjadi harapan dan apa yang kita rumuskan di tahun sebelumnya yang masih belum terealisasi. Mudah-mudahan ini menjadi suatu bahan juga bahwa apa yang menjadi harapan kita bisa diakomodir dalam rencana kerja Pemerintah Kota Ambon,” tukasnya.

Ia menambahkan, Musrenbang  Kecamatan merupakan langkah awal untuk menjaring kepentingan dan aspirasi masyarakat yang nantinya akan dibahas dan dimusyawarahkan dalam forum SKPD Kota Ambon, dan dalam Musrenbang di tingkat kota.

“Musrenbang yang diselenggarakan saat ini merupakan kegiatan yang sangat penting untuk dilaksanakan sebagai proses awal dalam rangka menyusun rencana kerja Pemerintah Kota Ambon Tahun 2022, disamping ini juga menjadi bahan evaluasi terkait kegiatan-kegiatan yang telah dilaksanakan tahun 2021,” tandasnya. (ZI-17)

%d blogger menyukai ini: