Bantuan Sembako Disalurkan ke Warga SBT Terdampak Rob

ZonaInfo.id, Bula – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) menyalurkan bantuan sembako kepada warga yang terdampak banjir rob di Desa Sesar, Kecamatan Bula, Kamis (24/2/2022).

Sementara bantuan ke warga Dusun Fesan, Dusun Rumbalifar, Dusun Kilbaren dan Desa Hote, Kecamatan Teluk Waru telah didistribusikan pada Rabu (23/2/2022).

“Hari ini kami distribusikan bantuan sembako kepada 165 warga yang terkena dampak banjir rob di Desa Sesar,” kata Plt Kepala Baznas Kabupaten SBT, Sidik Rumalowak di Bula, Kamis (24/2/2022).

Untuk warga di Dusun Fesan, Dusun Rumbalifar, dan Dusun Kilbaren dan Desa Hote telah didistrusikan kemarin. Bantuan sembako kepada warga di tiga dusun tersebut sebanyak 30 KK. Sedangkan untuk Desa Hote 71 KK. “Bantuan sudah disalurkan,” ungkap Rumalowak.

Lanjut Rumalowak,  pihaknya juga sudah memberikan bantuan kepada warga SBT penumpang Kapal Sabuk yang tertahan di Pelabuhan Banda, Kabupaten Maluku Tengah sejak 21 Februari 2022 lalu akibat gelombang tinggi.

“Kami juga kirim bantuan makanan kepada 106 penumpang Kapal Sabuk yang saat ini ada di pelabuhan Banda tujuan Kecamatan Pulau Gorom, Seram Timur dan Kecamatan Kesui, sesuai manifes penumpang,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Sekretariat Baznas Kabupaten SBT Zinudin Kelsaba juga membenarkan, kalau bantuan kepada warga terdampak banjir rob dan 106 warga SBT penumpang Kapal Sabuk yang berada di Banda sudah didistribusi.

“Iya semua sudah disalurkan, dan untuk Desa Sesar hari ini akan disalurkan bantuan sembako tersebut kepada 165 KK,” ujarnya.

Sebelumnya, gelombang tinggi mengakibatkan banjir rob menerjang sejumlah wilayah di Kabupaten  SBT, Maluku, Selasa (22/2/2022) sore.

Informasi yang diperoleh warga yang terdampak banjir rob itu tercatat 300 lebih KK atau 1.318 jiwa. Namun, banjir rob tersebut tidak memakan korban jiwa.

Warga beserta barang-barang milik mereka dievakuasi oleh tim gabungan TNI-POLRI yang berada di lokasi serta dibantu warga masyarakat.

Mereka dievakuasi menggunakan armada truk patroli milik Polres SBT dan Kompi Elang Yonif 731 Kabaresi. (ZI-16)

%d blogger menyukai ini: