Gubernur Maluku Janjikan Kemudahan Bagi Pengusaha Yang Ingin Berinvestasi

ZonaInfo.id, Makassar – Gubernur Maluku, Murad Ismail, menjanjikan akan memberikan kemudahan kepada pengusaha yang ingin berinvestasi di Maluku.

“Saya yakin, daerah akan maju jika banyak pengusaha yang berinvestasi didalamnya. Lapangan kerja akan terbuka, dan berdampak pada kesejahteraan masyarakat juga pendapatan daerah,” kata Murad, saat membuka Forum Bisnis dan Investasi, yang turut dihadiri Menteri Kelautan dan Perikanan, Sakti Wahyu Trenggono, di Hotel Fourpoint by Sheraton Makassar, Sabtu (5/2/2022).

Forum Bisnis dan Investasi merupakan rangkaian Maluku Baileo Exhibition, yang dilaksanakan di Kota Makassar, dihadiri sejumlah investor dari Kawasan Timur Indonesia.

Murad mengungkapkan, forum bisnis dan investasi ini merupakan event besar pertama yang dilaksanakan Pemerintah Provinsi Maluku. Sulsel dipilih sebagai lokasi pelaksanaan, karena merupakan pusat kawasan bisnis dan perdagangan terbesar di Kawasan Timur Indonesia.

“Saya berharap, kerja sama antara Maluku dan Sulsel bisa memberikan akselerasi bagi kedua pihak,” ujarnya.

Sementara, Staf Ahli Pemprov Sulsel Bidang Kesejahteraan Rakyat, Jayadi Nas, mengungkapkan, wilayah Sulsel sangat strategis, dan punya potensi unggulan di berbagi sektor. Mulai dari pertanian, perikanan dan kelautan, pariwisata, dan sumber daya alam lainnya.

“24 kabupaten kota di Sulsel memiliki potensi investasi yang menjanjikan. Dan kami berkomitmen untuk terus menciptakan iklim investasi yang kondusif,” paparnya.

Jayadi menuturkan, Sulsel memiliki Mal Pelayanan Publik untuk memberikan kemudahan, percepatan, keterjangkauan, bagi para investor. Sistem kami juga bisa memangkas waktu dan biaya,” ujarnya.

Ia berharap, kerja sama antara Sulsel dan Maluku bisa saling menguntungkan. Saat ini, Sulsel bisa melakukan ekspor komoditi secara langsung ke luar negeri.

“Makassar bisa menjadi hub pengiriman atau ekspor daerah lain. Kita bergotong royong membangun ekonomi daerah di masa pandemi,” pungkasnya.

Selain Menteri Kelautan dan Perikanan, turut hadir Wakil Menteri Investasi, dan perwakilan Kementrian Pertanian.

Puji Keuletan Gubernur

Ketua Umum Himpunan Pengusaha Muda Indonesia Mardani Maming memuji keuletan Gubernur Maluku Murad Ismail, yang menggelar Forum Bisnis dan Investasi di Provinsi Sulawesi Selatan.

“Sejujurnya saya kagum dengan sebuah model inovasi masa kini yang harus diberi apresiasi,” ujarnya saat berbicara di forum bisnis dan investasi.

Mantan Bupati 2 periode ini didaulat jadi pembicara dengan memaparkan materi Strategi HIPMI untuk mendorong Akselerasi Pengusaha Muda dalam Berinvestasi.

Dirinya mengakui Gubernur Maluku memiliki jiwa entrepreneurship yang luar biasa, dan hal Ini terbukti dari semangatnya untuk membesarkan pengusaha-pengusaha muda di Maluku.

“Memang tantangannya tidak kecil, tetapi percayalah setiap orang-orang yang berhasil menaklukan tantangan, adaah pemilik masa depan. Saya dulu juga pengusaha di Kabupaten, terus naik level menjadi pengusaha Provinsi dan sekarang menjadi pengusaha Nasional” katanya seraya menyamakan dirinya dengan Menteri Investasi/BKPM Bahlil Lahadalia yang merintis karirnya dari bawah.

Lanjutnya, Maluku adalah negeri kaya yang memiliki hasil laut yang membanggakan.

“Saya mempunyai cita-cita untuk berinvestasi di Maluku dalam sektor kelautan,” ujarnya saat membeberkan kalau sekarang ini dirinya sudah berinvestasi tambang di Negeri Raja-Raja Maluku.

Pada kesempatan tersebut juga dirinya turut menceritakan, saat pertama kali menginjak kaki di Maluku, dirinya merasa heran akan kekayaan adat, budaya, dan sikap hidup orang Maluku yang “Saling Baku Sayang”, dan ia yakin hal-hal inilah yang membuat Maluku akan menjadi besar.

“Saya yakin itu akan nyata di bawah kepemimpinan Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku,” katanya sambil memuji kepiawaian Istri Gubernur Maluku Widya Pratiwi Murad yang begitu mendukung sebagai Ketua Dekranasda dan sederet tugas lainnya. (ZI-10)

%d blogger menyukai ini: