Ragam

Resmikan Gedung Perpustakaan & Lab, Gubernur Harap Tingkatkan Pelayanan Akademik di IAIN

ZonaInfo.id, Ambon – Gubernur Maluku Murad Ismail meresmikan Gedung Perpustakaan dan Gedung Laboratorium MIPA Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ambon di Kampus IAIN Ambon, STAIN , Sabtu (25/9/2021).

Peresmian ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh gubernur dan peninjauan gedung yang rusak akibat musibah gempa bumi yang terjadi di Kota Ambon tahun 2019 lalu.

Gubernur dalam sambutannya menyambut gembira pembangunan dua gedung yang di nilai sangat strategis ini.

Mantan Dankor Brimob Polri ini berharap, pembangunan dua gedung tersebut dapat meningkatkan kualitas pelayanan akademik kepada seluruh civitas akademika di lingkungan IAIN Ambon.

“Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa, musibah gempa bumi di Kota Ambon dan sekitarnya pada tahun 2019 yang lalu, telah mengakibatkan kerusakan pada sejumlah infrastruktur di Kota Ambon, termasuk gedung perpustakaan dan laboratorium di lingkungan IAIN Ambon.
Kondisi tersebut tentu sangat memprihatinkan, karena menganggu proses akademika di IAIN Ambon,” tuturnya.

Kata gubernur, fungsi perpustakaan dan laboratorium adalah sebagai jantung ilmu pengetahuan yang menunjang seluruh aktivitas akademik di Perguruan Tinggi.

Oleh sebab itu, pasca gempa bumi tersebut, Pemprov Maluku telah memberi perhatian serius terhadap pembangunan kembali dua fasilitas akademik yang sangat strategis ini.

“Saya berharap keberadaan gedung perpustakaan dan laboratorium MIPA dengan berbagai fasilitas yang baru dan megah ini, dapat digunakan dengan sebaik-baiknya oleh seluruh civitas akademika IAIN Ambon untuk mengolah, merawat, melestarikan, mengembangkan dan melahirkan karya-karya ilmu pengetahuan dan teknologi yang membawa manfaat bagi kesejahteraan masyarakat Maluku,” harapnya.

Orang nomor satu di Maluku ini juga menyampaikan, saat ini Pemprov Maluku tengah fokus untuk mengembangkan berbagai potensi sumber daya alam (SDA) kelautan yang dimiliki, sehingga kita memerlukan gagasan-gagasan yang inovatif dalam upaya mengelola dan mengembangkan potensi yang ada.
Karena itu, Pemprov Maluku tentu akan memberikan dukungan kebijakan sesuai ketentuan dan kewenangan yang ada.

Apalagi keinginan tersebut sejalan dengan visi Pemprov Maluku yakni, untuk mewujudkan Maluku yang terkelola secara jujur, bersih, dan melayani, terjamin dalam kesejahteraan dan berdaulat atas gugusan kepulauan.

“Untuk itu, besar harapan saya, IAIN Ambon terus berkembang menjadi Perguruan Tinggi yang maju dan berkualitas.
Menjadi “Kawah Candra di muka” dalam melahirkan sumber daya manusia yang akan memberikan kontribusi dalam pembangunan dan kesejahteraan masyarakat, umat, bangsa dan negara,” tandasnya.

Acara peresmian dihadiri Direktur Jenderal Cipta Karya Diana Kusumastuti (Secara virtual), Plh Sekda Maluku Sadali Ie, Kadis PU Muhammat Marasabessy, Ka Kanwil Agama Maluku Djamaluddin Bugis, Kepala Balai Sarana Pemukiman Wilayah Maluku Abdul Halil Kastella, Kabid Humas Polda Maluku M. Roem Ohoirat, Ketua MUI Maluku Abdullah Latuapo, Rektor IAIN Ambon Zainal Abidin Rahawarin, para Dosen serta Civitas Akademika IAIN Ambon. (ZI-10)