
Tinjau Call Center 112 Pemkot Ambon, Wamendagri Berikan Apresiasi
ZonaInfo.id, Ambon – Wakil Menteri Dalam Negeri (Wamendagri), Bima Arya Sugiarto meninjau Call Center darurat 112 Pemkot Ambon, Jumat (18/10/2025) malam, di Balai Kota lt 4.
Sebelumnya Bima Arya yang didampingi Gubernur, Hendrik Lewerissa dan Wali Kota, Bodewin M. Wattimena mengikuti Opening Ceremony Festival Benteng Nieuw Victoria. Bima Arya juga membuka Festival tersebut.
Usai membuka festival, Bima Arya melakukan kunjungan ke stand UMKM yang ada di area lapangan Merdeka, didampingi Gubernur dan Wali Kota.
Selesai mengunjungi stand-stand UMKM, ia bersama Gubernur dan Wali Kota melanjutkan peninjauan ke ruang Call Center 112 di Balai Kota.
“Di sini tidak saja dipantau seluruh keseharian kota tetapi juga direspons semua keluhan-keluhan dari warga Kota Ambon,” ujar Bima Arya kepada wartawan di ruang Call Center 112.
Ia mengungkapkan, keluhan yang disampaikan ada yang bersifat umum ada juga yang bersifat darurat.
“Ada keluhan yang sifatnya darurat, ada keluhan yang sifatnya aduan umum ya seperti jalan yang rusak, air yang tidak mengalir begitu, nah itu semua dibutuhkan oleh warga,” ujarnya.
Bima Arya mengatakan, biarpun masih baru, tetapi sistem yang ada di Call Center 112 sudah dirancang untuk berkembang dengan baik.
“Saya melihat ya walaupun baru tapi di sini sistemnya sudah dirancang untuk berkembang dengan baik,” tandasnya.
Ia memberikan apresiasi dan yang penting ialah penambahan penguatan kapasitas jaringan sistem cctv dan juga tim yang bisa menganalisis data.
Lanjutnya, yang paling utama ialah koordinasi dengan lintas instansi, Kepolisian, Kodim, Rumah Sakit dan lain-lain.
“Mudah-mudahan Call Center 112 bisa menjadi contoh sistem emergency satu atap yang terintegrasi, jadi kami sangat mengapresiasi langkah-langkah pak Wali Kota ini,” tandas Bima Arya.
Sementara itu, Wali Kota menjelaskan kunjungan Wamendagri ke Call Center 112 merupakan salah satu agendanya.
“Kunjungan ke Call Center 112 juga menjadi salah satu agenda Pak Wamen, paling tidak launchingnya di tanggal 8 September ada perkembangan-perkembangan positif yang kita peroleh di sana,” jelas Wali Kota kepada wartawan di depan Balai Kota usai mendampingi Bima Arya meninjau Call Center 112.
Ia mengatakan, Wamendagri sempat berdialog dengan petugas tentang cara kerja Call Center 112.
“Beliau langsung berdialog dengan petugas, tentang bagaimana cara menerima aduan kemudian distribusi aduan kepada lembaga-lembaga terkait teknis dan soal time respons ya waktu merespons itu lebih cepat dibandingkan dengan sebelumnya,” jelasnya lagi.
Lanjut Wali Kota, pelayanan Call Center 112 mengalami perkembangan yang luar biasa. Koordinasi hingga petugas tiba di lapangan cukup cepat
“Beliau menyarankan kita untuk menambah lagi cctv, perkuat lagi jaringan, supaya bisa mendukung proses tersebut beroperasi dengan baik, tujuannya adalah dengan hadir untuk membantu masyarakat,” tandasnya. (ZI-21)
