
WAJAR Terima 158 Pengaduan, Sebagian Besar Sudah Ditangani
ZonaInfo.id, Ambon – Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon menerima 158 pengaduan melalui Program Wali Kota Jumpa Rakyat (WAJAR) sejak dimulai pada 21 Juli 2022 hingga saat ini. Sebagian besar sudah ditangani.
“Total laporan pengaduan masyarakat yang masuk melalui program WAJAR mulai dari tahun 2022 sampai dengan April 2023 berjumlah 158,” jelas Kepala Dinas Kominfo dan Persandian Kota Ambon, Joy Adriaansz, usai menjadi moderator Program WAJAR, Jumat (21/7/2023) di Balai Kota.
Dari jumlah tersebut sebanyak 128 pengaduan telah ditangani oleh setiap Organisasi Pemerintah Daerah (OPD), 23 lainnya belum dapat ditindak lanjuti, dikarenakan beberapa faktor.
“Terkait dengan pertimbangan ketersediaan anggaran di tahun 2022 sudah ditampung pada tahun 2023 (secara khusus menjadi kewenangan Pemkot Ambon), kurang lebih ada 14 aduan dari 23 yang terkait dengan infrastruktur, 9 aspirasi belum terealisasi karena bukan merupakan kewenangan Pemkot tetapi Pemerintah Provinsi dan instansi vertikal di daerah,” urainya.
Adriaansz menambahkan pengaduan paling banyak ke Dinas Perindustrian dan Perdagangan terkait pasar dengan total 7 pengaduan telah terselesaikan.
“Berikutnya terkait dengan pemilihan raja atau kepala desa definitif (telah difasilitasi oleh Pemkot), permasalahan lahan termasuk persoalan Izin Mendirikan Bangunan (IMB) kurang lebih 12 pengaduan,” jelasnya.
Ia berharap setiap permasalahan tersebut dapat diselesaikan oleh OPD terkait di lingkup Pemkot Ambon, sehingga tidak merugikan masyarakat. (ZI-10)