
Jadi Penjabat Sekkot Ambon, Sejumlah Agenda Penting Menanti Sapulette
ZonaInfo.id, Ambon – Penjabat Wali Kota Ambon, Dominggus Kaya melantik Robby Sapulette sebagai Penjabat Sekretaris Kota (Sekkot).
Pelantikan tersebut bersamaan dengan pelantikan lima (5) Pejabat Fungsional Pengelolaan Barang dan Jasa Lingkup Pemkot Ambon, 30 Kepala SD serta 1 Kepalah SMP, Jumat (27/9/2024), di ruang Vlisingen Balai Kota Ambon.
Pelantikan dilanjutkan penandatanganan berita acara serta pembacaan dan penandatanganan fakta integritas.
Penjabat Wali Kota Ambon, Dominggus Kaya menjelaskan jabatan Penjabat Sekkot Ambon selama tiga bulan atau hingga pejabat sekretaris Kota Ambon definitif dilantik.
Ia yakin penjabat Sekkot, para kepala sekolah dan pejabat yang dilantik akan menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya.
Kaya meminta Penjabat Sekkot segera mengkonsolidasikan seluruh jajaran Birokrasi Pemkot Ambon untuk melaksanakan tugas-tugas strategis yang menantikan di depan, antara lain; kelancaran dan suksesnya Pilkada Serentak 2024, Pengendalian Inflasi, Penanganan Stunting, Pembahasan APBD 2025, Percepatan Penyelesaian LHP BPK, Seleksi CPNS dan P3K.
Kaya juga meminta kepada para Kepala Sekolah untuk segera beralih tugas di tempat yang baru, dengan membangun komunikasi dan relasi-relasi yang harmonis melalui pendekatan kebersamaan dan kekeluargaan dengan para guru dan lingkungan kerja.
Sedangkan bagi Penjabat Fungsional Pengelolaan Pengadaan Barang/Jasa, Kaya berharap akan selalu tunduk pada aturan-aturan tentang pengadaan barang/jasa.
Dalam kesempatan tersebut, Kaya juga menekankan pentingnya menjaga netralitas sebagai ASN.
“Kita semua dituntut untuk tidak boleh berpolitik praktis, tidak boleh terlibat dalam kampanye, atau melakukan aktivitas yang menunjukkan keberpihakan kepada paslon tertentu. Di saat yang sama, kita diberi hak demokrasi untuk memilih salah satu paslon. Inilah posisi kita sebagai ASN, yang mesti disikapi dengan bijak dan cermat,” tandasnya.
Sementara itu, Penjabat Sekkot, Robby Sapulette memastikan akan melakukan konsolidasi dengan seluruh Jajaran Birokrasi Pemkot Ambon sebagai agenda pertama yang akan dilakukan pasca pelantikannya.
“Selain itu bagaimana mengendalikan inflasi daerah dan juga terkait penurunan angka stunting,” ujarnya kepada wartawan di Balai Kota.
Lanjutnya, dalam waktu singkat juga akan dilakukan persiapan penyusunan APBD 2025. “Dan bagaimana penyelesaian seleksi CPNS dan PPPK yang akan dilaksanakan di waktu yang akan datang dan sangat singkat sekali di tahun 2024 ini,” ujarnya. (ZI-21)