ZonaInfo.id, Ambon – Penjabat Wali Kota Ambon, Dominggus N. Kaya mengambil sumpah dan melantik sejumlah Pimpinan Tinggi Pratama (PTP) dan Pejabat Fungsional Tertentu.
Pelantikan berlangsung, Senin (22/7/2024) di Ruang Rapat Vlissingen Balai Kota. Turut hadir Forkopimda, Sekretaris Kota (Sekkot) Agus Ririmasse, dan para pimpinan OPD.
Para pejabat yang dilantik yaitu:
- Plt Kepala Dinas Kominfo dan Persandian Kota Ambon, Ronald Lekransy dilantik sebagai Staf Ahli Wali Kota bidang Ekonomi dan SDM.
- Alex Hursepuny sebagai Staf Ahli Wali Kota Bidang Pemerintahan. Sebelumnya ia menjabat Sekretaris Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman (PRKP).
- Oldrin Parinussa Kepala Badan Kesbangpol. Ia sebelumnya menjabat Sekretaris Badan Kesbangpol.
- Christian Tukloy yang sebelumnya menjabat Kepala Bagian Administrasi Pembangunan (Adpem), dilantik sebagai Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PMPTSP).
- M. Abdul Azis sebagai Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (PKP), yang sebelumnya menjabat Sekretaris Bappeda-Litbang.
- Hanny Tamtelahitu sebagai Kepala Dinas Dukcapil.
- Selly Kalahatu sebagai Asisten Pemerintahan Setkot Ambon, yang sebelumnya menjabat Kepala Bagian (Kabag) Organisasi dan Tata Laksana (Ortala).
- Fenly Masawoy sebagai Staf Ahli Wali Kota Bidang Politik, Hukum dan Aparatur Kota Ambon. Ia sebelumnya menjabat Kabag Kesra Setkot Ambon.
- Vedya Kuncoro sebagai Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setkot Ambon, yang sebelumnya menjabat Sekretaris Dinas Tenaga Kerja (Disnaker).
- Ivon Latuputty sebagai Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman (PRKP), yang sebelumnya menjabat Sekretaris Dinas Pekerjaan Umum dan Pekerjaan Umum.
Kaya mengungkapkan pelantikan ini telah mendapat persetujuan dari Menteri Dalam Negeri (Mendagri) dan merupakan bagian dari proses dan tahapan seleksi yang sudah diajukan oleh Penjabat Wali Kota sebelumnya.
“Saya hanya mengulangi usulan pelantikan kepada Menteri Dalam Negeri sebab usulan pelantikan sebelumnya ditolak karena akan berakhir masa jabatan,” ujarnya.
Kepada para pejabat yang dilantik, Kaya mengingatkan tiga fungsi pokok yaitu menjadi Dinamisator, Stabilitasor dan Insiator, dimana sebagai pimpinan harus dapat menggerakan seluruh potensi OPD secara dinamis dan simultan.
Tak hanya itu, Kaya juga menuntut agar mereka yang dilantik dapat melahirkan ide-ide inovatif yang cemerlang untuk mendorong perbaikan penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan pelayanan kepada masyarakat.
“Saudara-saudara harus mampu menjaga keseimbangan kerja antar pimpinan dan bawahan, antar OPD, bahkan antar tingkatan pemerintahan,sehingga capaian kinerja yang ditargetkan dapat dipenuhi,” bebernya.
Lanjutnya, rencana kerja janga pendek yang ingin dilakukan adalah membuat dan menyusun peta potensi pendapatan Pemkot Ambon. Agenda ini strategis serta akan menjadi rujukan dalam implementasi pembuatan regulasi terkait Pendapatan Asli Daerah (PAD).
“Saya berharap pimpinan OPD yang baru dilantik bisa membangun koordinasi lanjutan merealisasikan agenda mendasar tersebut, serta dapat melaksanakan tugas yang diemban dengan amanah,” tutupnya. (ZI-21)