
Pemkot Ambon Tingkatkan Kinerja Penyelenggara Pelayanan Publik
ZonaInfo.id, Ambon – Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon menggelar Workshop Peningkatan Kinerja Penyelenggara Pelayanan Publik kepada seluruh ASN.
Kegiatan tersebut berlangsung di Hotel Manise, Selasa (30/5/2023). Turut hadir Sekretaris Kota, Agus Ririmasse.
Penjabat Wali Kota Ambon, Bodewin M. Wattimena dalam sambutannya mengatakan pelayanan publik dibentuk untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat.
“Pemerintah dibentuk untuk menjawab berbagai kebutuhan, berbagai tantangan, dan menyelesaikan berbagai tantangan dan permasalahan yang dialami oleh masyarakat itu sendiri,” ungkapnya.
Lanjut Wattimena, jika pemerintah tidak melakukan hal tersebut maka artinya Pemerintah tidak bisa berbuat banyak bagi kepentingan masyarakat.
“Kalau kita lihat hampir di seluruh aspek atau seluruh bidang kita selalu dituntut untuk bagaimana melakukan tugas tanggung jawab pemerintah itu supaya masyarakat terpuaskan,” ujarnya.
Karena itu, kata Wattimena pelayanan publik mesti menjadi tanggung jawab semua pihak.
“Memang ada beberapa OPD yang secara teknis berhubungan langsung dengan masyarakat dan disitulah dituntut masing-masing kita melakukan tugas dan tanggung jawab dengan baik,” tandasnya.
Dengan demikian dari pelayanan yang dilakukan maka akan ada penilaian terhadap apa yang dikerjakan.
“Tentunya ada lembaga yang berwenang yang memberikan penilaian lewat metode yang dimiliki oleh lembaga yang dimaksud yaitu Ombudsman,” tandas Wattimena. (ZI-10)